Merebus Hati Sapi yang Empuk, Simak 3 Langkah Mudahnya

Endah Wijayanti14 Des 2019, 11:15 WIB
hati sapi

Fimela.com, Jakarta Hati sapi bisa diolah jadi tumisan sambal goreng yang sedap. Sebelum dibumbui, hati sapi perlu direbus lebih dahulu. Agar hati sapi empuk dan tidak bau, proses perebusannya perlu diperhatikan.

Cukup tiga langkah mudah untuk merebus hati sapi agar empuk. Selengkapnya, langsung simak di sini, ya.

1. Rebus Daun Salam dan Garam

Siapkan panci berisi air. Tambahkan daun salam dan garam. Untuk merebus 500 gram hati sapi, kita bisa menggunakan 1 lembar daun salam dan 1 sdm garam. Rebus dulu air yang sudah diberi daun salam dan garam sampai mendidih.

 

2. Hati Sapi Tak Perlu Dipotong Terlalu Kecil

Hati sapi
Hati sapi (sumber: iStock)

Hati sapi mentah tak perlu dipotong terlalu kecil. Karena nantinya ketika direbus malah akan membuatnya hancur. Cukup cuci sampai benar-benar bersih dengan air mengalir saja.

3. Masukkan Hati Sapi

Hati sapi yang sudah dicuci bersih bisa kita masukkan ke dalam air yang sudah mendidih. Selama proses perebusan, buang kotoran yang mengapung di permukaan airnya. Butuh waktu sekitar 35 menit agar hati sapi benar-benar empuk. Cek kematangannya dengan garpu. Bila sudah tidak ada darah dan sudah empuk saat ditusuk, hati sapi bisa langsung diangkat.

Hati sapi yang sudah direbus bisa kita potong dadu lalu dimasak atau dibumbu sesuai selera. Semogat tipsnya bermanfaat, ya.

 

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓