Menghirup Bau Pohon Pinus Terbukti Bisa Turunkan Stres

Febi Anindya Kirana15 Des 2019, 09:15 WIB
pinus

Fimela.com, Jakarta Ketika jalan-jalan ke hutan pinus atau sedang menikmati pemandangan pegunungan, kamu mungkin akan menyadari bahwa aroma udara hutan berbeda dengan aroma udara perkotaan. Alasan terbesar mengapa udara pegunungan memiliki kesan berbeda mungkin karena adanya banyak pohon pinus.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal PubMed Central Public Health menemukan bahwa aroma pinus memiliki efek relaksasi dan bisa mengurangi kecemasan terhadap tubuh.

Aroma Pinus Mampu Menurunkan Stres

pinus
ilustrasi pinus/Photo by Reignnel from Pexels

Penelitian yang dilakukan tahun 2007 di Jepang ini menyebutkan bahwa orang yang berjalan-jalan di hutan pinus diketahui memiliki tingkat depresi dan stres yang jauh lebih rendah dari sebelumnya. Peneliti juga menemukan bahwa subjek penelitian yang memiliki perasaan cemas menjadi lebih tenang dan santai setelah menikmati aroma hutan pinus.

Bahkan para peneliti menyarankan jalan-jalan ringan ke hutan pinus sebagai terapi kesehatan yang perlu dilakukan setiap orang jika ingin menjaga kadara stres dalam tubuh tetap rendah.

Jadi, mungkin ini juga alasannya orang perlu liburan dan menikmati alam pegunungan ya Sahabat Fimela, agar bisa menghirup aroma pinus yang menyegarkan.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓