6 Cara Memperbaiki Jadwal Tidur Saat Tubuh Lelah

Annissa Wulan11 Des 2019, 12:30 WIB
Tidur

Fimela.com, Jakarta Banyak hal bisa menjadi faktor yang mengganggu jadwal tidur sehari-hari, seperti stres dan lelah. Jika kamu sudah memiliki jadwal tidur yang teratur, kemudian suka terbangun di tengah malam karena suatu hal, kamu mungkin sedang mencari cara untuk memperbaikinya.

Melansir dari purewow.com, Rabu (11/12/2019), berikut ini adalah beberapa cara memperbaiki jadwal tidur saat kamu benar-benar sedang lelah. Penasaran?

1. Memahami mekanisme untuk tidur

Jadwal tidur ditentukan oleh jam internal tubuh, dipengaruhi oleh dua proses yang berperan secara bersamaan untuk mengendalikan dorongan tidur. Yang pertama adalah dorongan homeostatis untuk tidur.

Sedangkan yang kedua adalah dorongan sirkadian yang dipengaruhi oleh paparan cahaya. Kedua proses ini biasanya akan memudahkanmu untuk tidur di malam hari ketika paparan cahaya berkurang.

2. Berhenti menatap layar gadget sebelum tidur

Cahaya biru dari gadget akan menipu otak untuk berpikir bahwa itu masih siang hari, mengacaukan ritme sirkadian atau siklus fisiologis yang memberitahu tubuh untuk tidur. Kurangi penggunaan gadget di malam hari.

3. Pergi tidur lebih awal setiap malam

Lakukan perubahan secara bertahap dengan mencoba pergi tidur di waktu-waktu yang lebih awal. Jika biasanya kamu tidur di jam 10 malam, cobalah berbaring di tempat tidur pada jam 8.A

 

4. Membuat jurnal tidur

Tidur
Ilustrasi/copyright shutterstock.com/zEdward_Indy

Pahami apa hal yang biasanya membuatmu terjaga di malam hari, seperti bermain gadget, ngemil tengah malam, atau terlalu banyak melakukan aktivitas fisik. Setelah mengetahui semua hal yang membuatmu terjaga di malam hari, hindari hal-hal tersebut untuk bisa mendapatkan tidur yang lebih nyenyak.

5. Olahraga di pagi hari

Olahraga yang dilakukan di pagi hari juga bisa membantumu mengembalikan jadwal tidur yang teratur. Atau jika kamu terbiasa melakukan olahraga di malam hari, lakukan tiga jam sebelum waktu tidur.

6. Konsisten dengan waktu tidur

Jangan membedakan waktu tidur di hari kerja dengan akhir pekan. Jika kamu ingin memiliki jadwal tidur yang baik dan teratur, lakukan aktivitas tidur dan bangun di waktu yang sama setiap harinya.

Saksikan video menarik setelah ini

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓