Kebiasaan Ini Kunci Kehidupan Seksual Tetap Memuaskan Setelah Punya Anak

Febi Anindya Kirana10 Des 2019, 18:15 WIB
pasangan bahagia

Fimela.com, Jakarta Sebagian besar pasangan menikah merasa memiliki anak mengubah banyak hal, tidak terkecuali kehidupan seksual mereka. Bahkan penelitian menemukan bahwa pasangan menikah yang memiliki anak memiliki kehidupan seksual kurang memuaskan lagi setelah memiliki anak, terutama terhadap perempuan.

Namun sepertinya hal itu terjadi karena pasangan menikah tidak mengetahui bagaimana cara yang tepat menjaga kehidupan cinta tetap hangat setelah punya anak, karena penelitian terbaru mengungkapkan sebaliknya.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Sex and Marital Therapy menemukan bahwa komunikasi yang positif adalah kunci memiliki kehidupan seksual tetap memuaskan setelah punya anak.

Komunikasi Positif Kunci Kehidupan Seksual Memuaskan

pasangan cinta
ilustrasi pasangan bahagia/Photo by Renato Abati from Pexels

Survei yang dilakukan terhadap 93 pasangan dengan rentang usia pertengahan 30 tahun yang memiliki anak ini mendata bagaimana cara mereka berkomunikasi dengan pasangan dan tentang kehidupan seksual mereka selama ini.

Hasilnya, mereka yang memiliki waktu komunikasi positif dan intens dengan pasangannya memiliki tingkat kepuasan seksual lebih tinggi.

Komunikasi positif dalam hal ini memiliki empat elemen, yaitu kata-kata yang baik, keintiman fisik dan emosional, saling memuji dan menunjukkan kemesraan. Terutama untuk perempuan, bentuk komunikasi yang paling berpengaruh adalah ketika ia bisa berkomunikasi secara intim, merasa didengar dan diperhatikan oleh suaminya.

Jadi, itu dia kuncinya kehidupan seksual tetap menyenangkan setelah punya anak, Sahabat Fimela.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓