Ulasan Buku MoneySmart Parent: Panduan Praktis Perencanaan Keuangan Orangtua Baru

Endah Wijayanti10 Des 2019, 13:46 WIB
MoneySmart Parent: Panduan Praktis Perencanaan Keuangan Orangtua Baru

Fimela.com, Jakarta Judul: Buku MoneySmart Parent: Panduan Praktis Perencanaan Keuangan Orangtua Baru

Penulis: Nadia Mulya & Prita Hapsari Ghozie

Foto sampul: Teddy Lim

Desain sampul: Suprianto

Desain isi: Nur Wulan Dari

Penerbit: Gramedia Pustaka Utama

“Sayang, aku hamil!” Langsung terbayang baby shower dengan tema seru, maternity photoshoot dengan banyak likes begitu di-posting di Instagram, dan babymoon romantis ke Maldives.....

Sayangnya, makin ke sini, calon Mama dan Papa dihadapkan pada isu riil dan mendesak terkait kesejahteraan ibu dan si calon bayi, antara lain: tes laboratorium, metode persalinan, imunisasi, ASI serta MPASI, popok, perubahan cash low dengan kehadiran anggota baru, rencana pendidikan hingga S-2 dengan kondisi inflasi 15% setiap tahun… Oh my!

Jangan panik! Walau idealnya perencanaan keuangan dipersiapkan sedari kemarin, yang penting calon Mama dan Papa sudah “insyaf” dan siap menata cash flow, tabungan, serta investasi! Yuk kita membuat financial action plan, dan, yang lebih penting, menaatinya.

Apa saja sih pos pengeluaran selama 38–42 minggu ke depan dan bagaimana mengatur cash flow? Bagaimana menata bobot setiap pos pengeluaran yang sesuai dengan pendapatan Mama-Papa? Jenis investasi apa yang paling tepat untuk berbagai kebutuhan berbeda? Bagaimana mengatur keuangan kalau Mama memutuskan berhenti bekerja?

“Banyak anak, banyak rezeki” sepertinya perlu kita ubah menjadi “banyak anak, perbanyak investasi!”

***

Sudah siapkah kita memiliki anak? Sudah seberapa siap mental dan kemampuan kita membesarkan anak dengan baik? Bagaimana dengan perencanaan keuangan saat menjadi orangtua baru? Sering kita mendengar bahwa dengan memiliki banyak anak, kita akan mendapat banyak rezeki. Namun, jangan sampai lupa bahwa biaya sekolah dan biaya untuk berbagai kebutuhan lainnya akan terus naik dari waktu ke waktu.

MoneySmart Parent: Panduan Praktis Perencanaan Keuangan Orangtua Baru hadir untuk memberi gambaran hingga gambaran soal merencanakan keuangan yang lebih terarah saat kita memiliki tanggung jawab baru sebagai orangtua. Mulai dari perencanaan keuangan selama kehamilan, persalinan, hingga menyiapkan masa depan anak. Memiliki perencanaan keuangan yang baik adalah kemampuan yang sekiranya perlu dimiliki setiap orangtua demi masa depan yang lebih baik.

Tak bisa dipungkiri bahwa demi kelancaran kehamilan hingga persalinan, kita perlu memastikan memiliki cukup dana untuk memenuhi berbagai keperluan. Seperti periksa rutin ke dokter, biaya suplemen dan nutrisi, hingga dengan menghadapi kemungkinan jika ada komplikasi. Pada bab awal buku ini, kita akan diberi pemaparan mengenai perhitungan biaya hamil, sumber dana untuk persiapan kehamilan, info penting soal menggunakan asuransi dan BPJS, dan mengantisipasi berbagai pos pengeluaran yang kemungkinan akan terjadi.

 

Pentingnya Merencanakan Keuangan dengan Bijak

Tips Menabung/mlg
Ilustrasi./copyright shutterstock

Menjadi orangtua kita akan dihadapkan pada realita bahwa ada tanggung jawab besar yang harus kita terima. Persiapan menyambut kelahiran buah hati hingga membuat perencanaan keuangan baru setelah memiliki anak perlu diperhatikan dengan baik agar segalanya berjalan lancar. Bagi pasangan yang baru menikah dan dalam persiapan menyambut kelahiran buah hati yang pertama, buku ini bisa menjadi panduan yang sangat penting. Jangan sampai kita terlambat mempersiapkan segala yang terbaik untuk anak kita.

Setelah menjadi ibu, ada banyak prioritas baru yang harus kita atur. Dalam buku ini, kita akan dibantu memahami prioritas tersebut. Kita juga akan dibantu dalam membuat pertimbangan apa yang harus kita lakukan setelah memiliki anak: tetap bekerja, bekerja tapi bisa dilakukan dari rumah, atau fokus menjadi ibu rumah tangga saja. Pemahaman kita juga diperluas dengan tips menghemat biaya imunisasi, alokasi bujet pos pengeluaran anak, dan yang perlu dilakukan untuk membuat perencanaan yang lebih matang terkait pengeluaran seputar susu dan popok.

Pernah dengar MatematikASI? Prita menemukan keajaiban pemberian ASI pada perencanaan keuangan. MatematikASI adalah dampak finansial atau penghematan jika ibu memilih ASI dibandingkan dengan membeli susu formula. Dari pemberian ASI, jika terus dirunut nantinya bisa memiliki potensi saldo investasi yang dapat digunakan sebagai dana pendidikan anak.

Topik seputar menyiapkan dana pendidikan anak juga turut dibahas di buku ini. Ada panduan yang bisa diikuti untuk membuat perencanaan dana pendidikan anak yang terarah. Agar di masa mendatang kita tak pusing dan kelabakan dalam memberi pendidikan yang terbaik bagi anak, maka persiapannya perlu dilakukan sejak jauh-jauh hari.

Buku MoneySmart Parent: Panduan Praktis Perencanaan Keuangan Orangtua Baru bisa dibaca oleh para orangtua, calon orangtua, dan siapa pun yang sedang mempersiapkan diri untuk membuat perencanaan keuangan yang lebih baik saat berumah tangga. Mata kita akan benar-benar terbuka dengan berbagai fakta yang ada. Fakta bahwa membuat perencanaan keuangan yang baik dapat memudahkan banyak hal yang akan terjadi di masa mendatang, khususnya pada kehidupan anak kita ke depannya.

 

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓