Sukses

Lifestyle

Mahir Memasak atau Tidak yang Penting Berani Mencoba!

Fimela.com, Jakarta Tidak harus jago di dapur, kok. Begitu kata-kata yang dilontarkan pasangan saat menghiburmu di tengah keluh kesahmu yang mengaku tak mahir memasak. Apalagi saat melihat postingan teman-teman yang seakan berlomba-lomba memajang masakan buatannya, bekal makan siang yang bervariasi, hingga berbagai kue, bikin keberanianmu makin ciut.

Tapi mahir atau tidak, yang penting adalah berani mencoba. Untuk meminimalisir kegagalan saat memasak di dapur, gunakan beberapa tips penting ini.

Baca resep dengan hati-hati

Saat menemukan resep makanan favorit yang diklaim anti gagal dan mudah, bisa bikin kamu tergoda untuk langsung menjajalnya. Namun terburu-buru mencoba resep baru akan berujung pada kegagalan.

Lebih baik membaca seluruh resep sekali atau dua kali sebelum memulainya. Catat bahan-bahan yang diperlukan dan siapkan bumbu maupun alat yang digunakan sehingga akan menghemat waktu dan tenaga ketimbang terpaksa mondar-mandir untuk mengambil yang tertinggal.

Membeli alat yang tepat

Salah satu hal yang menunjang keberhasilan memasak adalah membeli alat yang tepat. Panci atau wajan memang jadi salah satu alat memasak wajib yang ada di setiap dapur. Tapi, pastikan pilih dengan cermat dan tepat. Pilih wajan atau panci yang sesuai dengan kebutuhan dan pastikan terbuat dari stainless steel atau cast iron. Kedua bahan ini bukan hanya tahan lama dan mampu mengantarkan panas dengan baik.

Waktu dan cara tepat membumbui masakan

Sering sebal dengan hasil masakan yang terlalu asin? Bisa jadi kesalahan bukan hanya pada takaran yang berlebihan tapi juga waktu memasukkannya. Menambahkan garam setelah hidangan matang hanya akan menambah rasa asin.

Bumbui sedikit demi sedikit sejak awal memasak untuk memastikan bumbu telah didistribusikan secara merata dan memberikan waktu yang cukup bagi makanan untuk menyerapnya. Untuk menghindari citarasa yang terlalu asin, pedas, atau manis, pastikan untuk mencicipinya selama memasak.

Dukung dengan pemilihan tabung gas yang tepat

Risiko kebocoran tabung gas sering jadi salah satu cerita yang bikin nyali memasak jadi lebih ciut. Tapi, jangan biarkan ketakutan tersebut menghalangi kreasimu di dapur. Saatnya berani memasak dengan memilih tabung gas yang tepat dan terjamin keamanannya seperti Bright Gas dari Pertamina.

Bright Gas memiliki teknologi DSVS atau Double Spindle Valve System yang berfungsi mencegah kebocoran gas. Jadi, nggak perlu khawatir lagi dengan cerita horror gas bocor saat memasak di dapur. Selain itu, tabungnya juga memiliki seal cap hologram dan fitur Optical Color Switch yang dapat mengurangi tekanan gas di dalam tabung.

Khawatir nggak bisa membelinya sendiri karena ukuran tabung yang besar? Nggak perlu cemas. Pasalnya, Bright Gas tersedia dalam ukuran tabung 5,5kg yang praktis dibawa. Kalau lagi repot, manfaatkan saja layanan pesan antar Pertamina Call Center 135. Yuk, cari tahu update info Bright Gas lainnya dengan follow Instagram @brightgas!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading