Jadi Makanan Murah Meriah, Tahu Tempe Ternyata Bisa Cegah Kanker Payudara

Febi Anindya Kirana11 Des 2019, 13:05 WIB
tahu tempe

Fimela.com, Jakarta Ada banyak bahan makanan yang mudah didapat di pasar dengan harga murah dan bisa diolah menjadi berbagai masakan lezat, salah satunya adalah olahan kedelai seperti tahu dan tempe. Kedua bersaudara ini selalu dijual dengan harga ramah di kantong untuk siapa saja.

Jika ada kalimat "Yang murah bukan berarti murahan", maka pengertian ini cocok untuk tahu dan tempe. Karena ternyata penelitian membuktikan bahwa rajin makan tahu tempe mampu menurunkan risiko kanker payudara.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam PubMed Central Cancer Science menemukan bahwa perempuan yang mengonsumsi produk kedelai setidaknya sekali seminggu memiliki risiko kanker payudara lebih rendah hingga 48-56%.

Olahan Kedelai Mampu Cegah Kanker Payudara

tempe mentah
ilustrasi Tempe/copyright By Arif Relano Oba (Shutterstock)

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Anticancer Agents in Medician Chemistry menjelaskan bahwa kemampuan menurunkan risiko kanker payudara ini dikarenakan kandungan isoflavon yang tinggi dalam tahu dan tempe.

Isoflavon berfungsi seperti halnya estrogen di dalam tubuh dan mampu mencegah terjadinya reaksi oksidasi sehingga dapat meningkatkan status antioksidan tubuh. Bahkan isoflavon terbukti secara positif melancarkan siklus menstruasi dan menjaga kadar estrogen dalam darah.

Jadi, jangan anggap remeh sekedar tahu dan tempe, karena ternyata rajin makan olahan kedelai ini mampu menghindarkanmu dari kanker payudara, Sahabat Fimela.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓