Makan Tahu bisa Cegah Penyakit Jantung

Febi Anindya Kirana15 Des 2019, 13:46 WIB
lodeh tahu

Fimela.com, Jakarta Seperti saudaranya, tempe yang juga sesama olahan kedelai, tahu merupakan makanan sehat tinggi protein yang tak bisa diabaikanjika menyangkut manfaatnya terhadap kesehatan. Bukan hanya rendah kalori dan tinggi serat sehingga sangat baik untuk menu diet menurunkan berat badan, makan tahu juga bisa mencegah penyakit jantung.

Sebuah penelitian yang dimuat dalam jurnal PubMed Central Journal of Medical Food menemukan bahwa mengonsumsi kedelai dan makanan olahannya mampu menurunkan risiko penyakit jantung. 

Tahu mampu menurunkan risiko penyakit jantung

Perbedaan Tahu dan Tofu
ilustrasi: Tahu dan Tofu (sumber: iStockphoto)

Penelitian dalam jurnal Nutrition, Metabolism, and Cardiovascular Disease juga menyebutkan bahwa kandungan isoflavon dalam kedelai mampu menurunkan tekann darah dan meningkatkan elatistas pembuluh darah sehingga lebih baik dalam memompa darah dan menyalurkannya ke seluruh tubuh.

Konsumsi tahu akan lebih baik jika diolah dengan cara direbus, dikukus atau ditumis, dan hindari mengolahnya dengan cara menggoreng karena meningkatkan kandungan lemak yang tak sehat.

Jadi, jangan remehkan bahan makanan yang murah meriah ini, karena murah bukan berarti murahan dalam hal menjaga kesehatan. Tahu mampu menjaga kesehatan lebih baik dari makanan lain yang lebih mahal. 

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓