Tips Menangani Rasa Sedih Selama Musim Liburan Akhir Tahun

Annissa Wulan13 Des 2019, 14:30 WIB
Sad women

Fimela.com, Jakarta Liburan akhir tahun seharusnya menjadi momen yang menyenangkan, bukan? Lantas, mengapa kamu masih saja bersedih?

Ya, liburan memang dapat menjadi pengingat yang kuat tentang berbagai hal yang tidak berjalan sesuai rencana atau sesuai yang diinginkan. Memasuki masa liburan, kamu mungkin akan merasakan berbagai macam emosi, seperti rasa rindu, penyesalan, kemarahan, kesedihan, dan depresi.

Perasaan yang tidak terselesaikan juga dapat muncul ketika liburan, seperti dilansir dari bustle.com, Jumat (13/12/2019). Ekspektasi juga bisa membuatmu stres dan depresi terhadap diri sendiri.

 

 

Tips menangani perasaan sedih selama musim liburan akhir tahun

Ilustrasi Sedih
Ilustrasi sedih (dok. Pixabay.com/Putu Elmira)

Bagaimana cara mengatasinya? Pertama, kamu harus mengizinkan dirimu sendiri untuk merasa sedih.

Temui semua emosi yang sulit dengan belas kasih dan tetap terhubung dengan perasaan damai. Jangan menekan perasaan yang kamu alami dan jangan berpura-pura.

Akuilah bahwa walaupun semua foto dan gambar yang kamu tampilkan di media sosial adalah tentang kebahagiaan, sebenarnya sulit untuk benar-benar merasa bahagia. Berhentilah membandingkan dirimu sendiri dengan kondisi orang lain, terutama jika kamu hanya melihatnya di media sosial.

Tips menangani perasaan sedih selama musim liburan akhir tahun

perempuan stres bekerja
ilustrasi stres/copyright By weedezign (Shutterstock)

Selain itu, jangan berpikiran untuk mengisolasi dirimu sendiri ketika merasa sedih. Kecenderungan untuk mengisolasi diri sendiri ketika merasa sedih justru akan memperburuk perasaan tersebut, kuncinya adalah keseimbangan.

Cobalah untuk merawat dirimu sendiri, seperti tidur yang cukup, makan teratur, menghabiskan waktu bersama teman, dan melakukan hal-hal yang bisa membuat dirimu sendiri merasa bahagia. Jika semua hal yang telah kamu lakukan rasanya masih tidak membantu, cobalah temui seorang terapis.

Saksikan video menarik setelah ini

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓