Sukses

Lifestyle

Dengarkan Musik Saat Menyetir Mobil Mampu Kurangi Stres

Fimela.com, Jakarta Bad traffic is so stressful! Apa lagi ketika kamu setiap hari mengalami kemacetan di jalan. Bukan cuma pagi pada saat berangkat kerja atau kuliah, tetapi juga pada saat pulang di sore dan malam hari. Seakan menghabiskan setengah hari hanya di jalan setiap harinya, wajar kalau Sahabat Fimela akhirnya merasa stres. 

Ada banyak hal yang bisa terjadi pada dirimu selama di perjalanan. Terlepas dari infrastruktur, Health Line menulis, kemacetan di jalan mampu membuat detak jantung semakin cepat dan bahkan tekanan darah naik. 

Sebuah studi mengindikasi kalau stres yang ditimbulkan perjalanan harian bisa saja menimbulkan korban. Stres akibat menyetir mobil masuk ke dalam daftar faktor timbulnya penyakit jantung dan serangan jantung. 

Meskipun begitu, bukan berarti kamu menjadi takut untuk bepergian, atau menghadapi kemacetan yang setiap hari akan terjadi dan bahkan bisa bertambah parah akibat hujan besar atau padatnya jalanan. Karena, kamu bisa menekan tingkat stres pada saat menghadapi kemacetan di jalan dengan cara yang cukup sederhana. 

Dengarkan Musik Saat Menyetir

Peneliti Vitor Engrácia Valenti melakukan sebuah studi pada Oktober 2019 kemarin yang kemudian hasilnya diterbitkan Complementary Therapies in Medicine. Hasil penelitian ini menunjukkan, stres yang terjadi selama berkendara menjadi risiko terbesar timbulnya komplikasi penyakit. Untuk menekan tingkat stres dan risiko munculnya penyakit cardiac, penelitian ini menganjurkan orang yang berkendara untuk mendengarkan musik. 

Tapi, jangan asal pilih, ya! Musik yang bisa kamu dengarkan pada saat berkendara, terutama ketika kamu sedang menyetir mobil, bukan musik kesukaanmu semata. Tetapi, menurut Valenti, musik yang paling cocok adalah low arousal musik klasik. 

Menurut hasil penelitian tersebut pula, musik klasik ini mampu membuat pengendara roda empat menjadi lebih tenang. Jika kerap kali cemas dan stres setiap kali terjebak kemacetan di jalan, mungkin Sahabat Fimela mau mencoba mendengarkan musik klasik selama berada di perjalanan. 

 

#Growfearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading