Tips agar Bakso Kenyal Alami, Gunakan Garam Seperti Ini

Febi Anindya Kirana12 Des 2019, 13:23 WIB
bakso daging

Fimela.com, Jakarta Ketika ingin membuat sendiri bakso ikan di rumah, orang pasti berharap bisa membuat bakso yang kenyal, halus dan enak seperti beli di supermarket atau abang-abang jualan di jalan. Namun sayangnya, harapan banyak orang membuat bakso ala-ala tersebut tidak terwujud.

Banyak orang kesulitan membuat bakso yang kenyal, hasilnya terkadang mudah hancur atau terlalu padat sehingga tak enak dimakan. Ternyata ada satu trik khusus yang bisa dilakukan untuk mendapatkan bakso kenyal tanpa menggunakan pengawet atau bahan kimia berbahaya seeprti boraks, yaitu menggunakan garam kasar.

Garam Kasar adalah Pengenyal Alami

Bakso
Ilustrasi/copyright shutterstock.com/Odua Images

Bukan hanya teksturnya saja yang berbeda, ternyata fungsi garam kasar dalam campuran adonan bakso adalah untuk mengenyalkan. Garam kasar mengandung tinggi alkali sehingga mampu menjadi pengental alami bakso. Jika penggunaan garam kasar diganti dengan garam halus, maka hasilnya juga akan berbeda. Sesuaikan takaran garam seperti resep bakso pada umumnya.

Jika kurang kenyal, bisa ditambahkan baking powder dengan aturan 1 sdt untuk setiap 250 gr daging sapi. Setelah garam tercampur rata dan larut dengan daging, campurkan dengan tepung tapioka.

Itu dia caranya membuat bakso kenyal tanpa bahan pengenyal berbahaya.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓