3 Tips agar Bubur Kacang Ijo Empuk

Endah Wijayanti12 Des 2019, 15:05 WIB
bubur kacang ijo

Fimela.com, Jakarta Bubur kacang ijo yang bertekstur lembut adalah yang paling sempurna. Bayangkan bila biji kacang ijo yang kita gunakan masih keras, pastinya akan memengaruhi rasanya. Untuk membuat bubur kacang ijo yang empuk ada tips mudah yang perlu diperhatikan.

Tipsnya tak lepas dari proses perebusan yang tepat. Berikut tips mudah yang bisa langsung dicoba untuk membuat bubur kacang ijo yang empuk.

1. Kacang Ijo Direndam Selama 8 Jam sebelum Direbus

Kacang ijo yang akan kita gunakan untuk membuat bubur perlu direndam selama 8 jam terlebih dahulu. Setelah itu, siapkan panci berisi air dan didihkan. Setelah air mendidih, baru kacang ijo bisa kita masukkan dengan daun pandan, gula merah, gula pasir, dan sedikit garam. Dengan perebusan seperti ini, kacang ijo akan empuk sebelum menambahkan santan kelapa ke dalamnya.

 

2. Direbus Berjeda

Kolak Kacang Hijau Jahe
Foto: copyright resepcaramasak

Didihkan air. Masukkan kacang ijo yang sudah dicuci bersih dengan garam dan daun pandan. Tunggu sampai mendidih kembali. Kemudian, matikan api dan tutup pancinya. Diamkan selama sekitar 30 menit. Rebus kembali kacang ijo selama sekitar 10 menit. Kemudian, masukkan santan kelapa, didihkan kembali sambil diaduk-aduk agar santan tidak pecah.

3. Direbus Menggunakan Panci Presto

Kacang ijo direndam selama sekitar 6 jam. Cuci kembali lalu masukkan ke dalam panci presto. Campurkan gula pasir, jahe, vanila, garam, dan air. Masak sekitar 15 menit sampai kacang ijo empuk. Setelah itu kita bisa memasukkan santan kelapa dan aduk sebentar hingga tercampur rata.

Tidak terlalu sulit kan membuatnya? Semoga tips ini bermanfaat, ya.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓