Tips Membuat Babat Goreng yang Empuk

Endah Wijayanti12 Des 2019, 15:45 WIB
Jeroan babat

Fimela.com, Jakarta Babat goreng yang alot jelas akan memengaruhi rasa. Sayang bila kita sudah menggunakan bumbu yang pas tapi ternyata hasilnya babat masih alot dan susah dikunyah. Untuk menghasilkan babat goreng yang empuk, ada tips yang bisa kita coba.

Baik saat akan membuat babat goreng bumbu kuning atau tumis babat, proses untuk mematangkan babat ini perlu kita pahami. Selengkapnya, langsung saja simak tips sederhananya di bawah ini.

1. Direbus Menggunakan Panci Presto

Babat yang sudah dibersihkan bisa kita potong sesuai selera. Lalu masukkan ke dalam panci presto dengan air. Masak selama sekitar 30 menit. Maka, babat pun akan empuk dan bisa diolah dengan bumbu yang sudah kita siapkan.

 

2. Direbus dengan Aneka Rempah

cara membersihkan babat
Babat./Copyright shutterstock.com

Tips yang ini juga pas untuk menghilangkan bau babat. Rebus babat yang sudah dipotong kecil-kecil dengan lengkuas, daun salam, serai, dan jahe. Rebus dengan air yang banyak sampai babat mengambang. Setelah mendidih, cek teksturnya. Bila masih liat, tambahkan air lagi sampai babat mengambang. Didihkan kembali sampai babat empuk. Lalu bumbui sesuai selera.

3. Bagian Dalam Babat Dikerok

Ingin mendapatkan babat yang bersih? Kita bisa mencuci lalu merendamnya dengan larutan kapur selama 30 menit. Kerok bagian dalam babat dengan sendok. Untuk menghilangkan baunya, kita bisa memberi air perasan jeruk nipis. Setelah dibilas hingga bersih, babat bisa kita rebus sampai empuk.

Saatnya untuk membuat olahan babat yang lezat dan empuk. Semoga tipsnya bermanfaat!

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓