Sukses

Lifestyle

Tips Menyimpan Gula Jawa Agar Tahan Lama Tidak Mencair

Fimela.com, Jakarta Gula jawa menjadi salah satu perasa makanan yang penting ada di dapur kita. Gula jawa tak hanya sebagai pemanis aneka kue dan camilan tapi juga bisa sebagai pemanis sekaligus penyedap aneka masakan. Rasa manis gula jawa yang khas mampu menjadikan setiap masakan terasa lebih menggugah selera.

Ngomongin soal gula jawa, sebaiknya kita menyimpan gula jawa dengan baik dan benar di rumah. Gula jawa yang tidak disimpan dengan cara benar akan sangat mudah mencair atau meleleh. Cara menyimpan yang kurang tepat juga akan membuat kualitas gula menurun. Bagaimana cara menyimpan gula jawa yang benar agar tahan lama dan tidak mencair atau meleleh?

Cara Menyimpan Gula Jawa

  1. Saat membeli gula jawa, pastikan membeli gula yang kualitasnya masih bagus. Pastikan gula tidak mencair, tidak jamuran dan tidak lembek.
  2. Bungkus gula jawa dengan plastik atau wadah kedap udara sebelum menyimpannya. Gula jawa yang disimpan di ruangan terbuka dan terkena udara langsung akan lebih mudah mencair.
  3. Simpan gula jawa di tempat yang sejuk dan kering.
  4. Hindari menyimpan gula jawa di bawah sinar matahari langsung atau sumber panas. Gula jawa yang terkena suhu panas akan lebih mudah mencair.
  5. Jangan sampai gula jawa terkena air atau minyak. Adanya cairan yang menetes pada gula jawa bisa membuatnya cepat cair, lembek bahkan berjamur.
  6. Hindari menyimpan gula jawa di dekat makanan dengan aroma menyengat. Makanan dengan aroma menyengat akan membuat kualitas aroma dan rasa gula jawa berubah.

Dengan teknik penyimpanan yang tepat, gula jawa bisa bertahan lebih dari satu tahun. Gula jawa juga akan memiliki kualitas rasa serta aroma yang tetap baik walau telah disimpan dalam waktu lama.

Jika ingin menyimpan gula jawa dalam jumlah banyak dalam waktu lama, belilah gula jawa yang ukurannya kecil-kecil. Gula jawa yang ukurannya kecil-kecil akan memudahkanmu mengambil gula jawa sesuai kebutuhan tanpa harus memotong gula terlebih dulu. Semoga tips menyimpan makanan ini bermanfaat.

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading