5 Pos Pengeluaran Bulanan yang Perlu Disiapkan setelah Punya Anak

Endah Wijayanti12 Des 2019, 16:44 WIB
biaya setelah punya anak

Fimela.com, Jakarta Setelah melahirkan, ada anggaran bulanan baru yang perlu kita siapkan. Dengan hadirnya sang buah hati, berbagai kebutuhan baru perlu kita penuhi dengan sebaik-baiknya. Perubahan ini jelas akan memengaruhi pengaturan bujet bulanan kita.

Prioritas dalam pos pengeluaran setelah kita menjadi ibu pastinya akan berubah. Mengutip buku MoneySmart Parent: Panduan Praktis Perencanaan Keuangan Orangtua Baru, ada lima pos pengeluaran yang perlu kita persiapkan setelah memiliki anak. Langsung saja simak selengkapnya di sini.

1. Biaya Kunjungan ke Dokter

Masukkan biaya ini dalam daftar kebutuhan kita, mengingat kondisi badan bayi yang masih rentan. Misalnya saja dengan kunjungan ke klinik laktasi atau kunjungan ke dokter spesialis anak. Segera atur pos pengeluaran untuk biaya ini.

2. Biaya Imunisasi

Setiap anak wajib mendapatkan imunisasi. Kita perlu menyiapkan pos pengeluaran untuk biaya imunisasi ini. Perlu diketahui bahwa ada jenis imunisasi yang diwajibkan, ada juga yang sudah disubsidi pemerintah.

 

3. Biaya Acara Syukuran

gendong bayi
Ilustrasi/copyright shutterstock.com/Kiwis

Acara syukuran jelas butuh biaya. Entah karena tradisi atau perintah agama, acara syukuran yang kita selenggerakan pastinya harus diatur pula pos pengeluarannya. Bisa disesuaikan dengan kebutuhan kita.

4. Biaya Perlengkapan ASIP

Keperluan memerah ASI pun diperlukan dalam upaya kita memenuhi kebutuhan ASI eksklusif. Secara umum kita akan membutuhkan pompa ASI, botol penyimpan ASI, freezer, cooler bag, ice pack, sterilizer, bottle warmer, serta peralatan untuk memberikan ASIP. Khususnya bagi para ibu yang bekerja, penting sekali menyiapkan pos pengeluaran khusus untuk kebutuhan ini.

5. Biaya Rutin Bulanan Anak

Akan ada tambahan biaya rutin begitu kita memiliki anak. Kebutuhan seperti popok, baju, jasa penitipan anak, atau makanan pendamping ASI perlu kita penuhi dengan cermat. Semua keperluan yang dibutuhkan anak perlu dicatat dan dibuat anggarannya dengan teliti supaya tidak kerepotan saat mengatur keuangan bulanan.

Mengubah pola pengeluaran bulanan adalah hal yang tak terhindarkan saat kita memiliki anak. Semoga info ini bermanfaat untuk Mom sekalian, ya.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓