7 Tanda Saatnya Ambil Cuti Panjang Sekarang Juga!

Febi Anindya Kirana13 Des 2019, 13:15 WIB
stres pekerjaan

Fimela.com, Jakarta Wajar jika orang merasa punya semangat kerja tinggi saat menjalaninya di awal-awal tahun, tapi kemudian perasaan itu tak sama lagi. Perasaan seperti ini memang bisa terjadi pada siapa saja ketika pekerjaan membuat mereka kelelahan.

Menjalani rutinitas kerja memang rentan membuatmu lelah, fisik maupun mental, tapi bukan berarti harus resign. Inilah saatnya memanfaatkan cuti yang diberikan perusahaan. Kenali tandanya jika kamu sudah saatnya mengambil cuti panjang sekarang juga.

1. Merasa sangat malas berangkat kerja setelah libur hari Minggu

Kamu merasa seakan menghadapi mimpi buruk jika hari Senin sudah datang. Hari Minggu menjadi hari yang selalu kamu nantikan. Kamu selalu ingin mencari alasan untuk tak masuk kerja, dan hal ini terjadi setiap hari.

2. Jadi lebih sering bersikap dan berpikiran negatif

perempuan stres bekerja
ilustrasi stres/copyright By weedezign (Shutterstock)

Kamu sudah tak punya semangat kerja lagi. Ketika mood sudah jatuh, tentu akan lebih mudah memicu pikiran-pikiran buruk. Hal ini kemudian memicu sikap yang juga tak menyenangkan, baik terhadap rekan kerja, saat menyelesaikan pekerjan dan lain sebagainya.

3. Merasa terus-terusan stres

Wajar jika kamu stres dengan pekerjaan. Tapi jika merasa ini sudah berlebihan, bahkan terkadang bekerja membuat merasa mual, sesak, pusing dan lainnya, saatnya membuat keputusan untuk ambil cuti panjang.

4. Tak punya ketertarikan kerja lagi

Ini bahayanya jika terlalu lama kerja. Kamu seperti mayat hidup saat berangkat kerja. Nyawa dan pikiranmu tak lagi ada di pekerjaan. Kamu tak tertarik dengan tumpukan file yang harus diselesaikan di meja dan semua hal yang berhubungan dengan pekerjaan membuatmu kesal.

5. Ikut terbawa emosi saat pulang ke rumah

zodiak mingguan
ilustrasi perempuan bekerja/copyright By StudioByTheSea from Shutterstock

Karena tak bisa mengatasi stres di kantor, akhirnya kamu pulang dengan rasa stres dan kesal tersebut. Akhirnya, orang rumah jadi pelampiasan rasa stres-mu karena pekerjaan.

6. Kamu merasa kreativitas dan talentamu seakan sudah mati

Kamu tak se-inovatif dan se-kreatif dulu. Kamu merasa stagnan, jalan di tempat dan tak ada perkembangan yang berarti. Bahkan kamu lebih sering dapat keluhan dari atasan.

7. Merasa benar-benar ingin pergi

Merasa ingin lari saja dari kenyataan? Sudah tak tahan dengan semua ini? Memang sudah saatnya pergi cuti.

Daripada buru-buru memutuskan resign atau keluar dari pekerjaan, ada baiknya mempertimbangkan mengambil hak cuti panjang jika sekian tanda di atas sudah kamu rasakan, Sahabat Fimela.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓