3 Tips Simpel Membuat Ikan Asin Goreng yang Renyah

Endah Wijayanti15 Des 2019, 08:15 WIB
ikan asin goreng

Fimela.com, Jakarta Ikan asin goreng bisa jadi pelengkap aneka lauk dan hidangan. Apalagi kalau teksturnya renyah dan krispi, ikan asin goreng jadi lebih sempurna dan bisa disantap kapan saja. Membuatnya sendiri di rumah pun cukup mudah.

Untuk membuat ikan asin goreng yang renyah, ada sejumlah tips yang bisa dicoba. Langsung simak di sini tips-tips yang sangat mudah dibuat.

1. Gunakan Tepung Beras dan Garam

Bersih dan cuci ikan asin. Siapkan tepung beras yang dilarutkan dengan air hangat sampai cukup kental. Tambahkan sedikit garam. Celupkan ikan asin sampai benar-benar terendam dalam adonan basah. Lalu goreng ikan asin satu per satu dengan minyak panas sambil sesekali dibalik supaya matangnya merata. Setelah itu, angkat dan tiriskan.

 

2. Gunakan Tepung Sagu

Ikan asin
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Bila ingin mengurangi sedikit rasa asinnya, rendam dulu ikan dengan air hangat selam sekitar 15 menit. Setelah dicuci dengan air mengalur, gulingkan dan baluri ikan dengan tepung sagu. Goreng ikan yang sudah dibalut tepung dengan api sedang. Angkat dan tiriskan.

3. Gunakan Tepung Beras Ketan dan Bawang Putih

Ikan asin dicuci sampai bersih. Siapkan bawang putih yang sudah dihaluskan dan tepung beras ketan secukupnya. Baluri ikan asin dengan bawang putih, lalu tabuir dengan tepung beras ketan secukupnya. Goreng dengan minyak panas. Tak perlu lama-lama. Sebentar saja, jangan sampai gosong. Lalu angkat dan tiriskan.

Mudah sekali kan tips-tipsnya? Semoga infonya bermanfaat, ya.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓