Sukses

Lifestyle

Tips Menyimpan Makanan Sisa yang Aman dan Menyehatkan

Fimela.com, Jakarta Dalam kehidupan sehari-hari, tidak jarang kita menemui momen di mana kita harus masak makanan dengan jumlah banyak. Memasak dengan jumlah banyak ini biasanya terjadi ketika kita memiliki acara keluarga, sahabat atau sejenisnya di rumah. Karena memasak terlalu banyak, tentunya akan ada makanan yang tersisa.

Makanan sisa yang masih enak, rasanya akan sangat sayang jika harus dibuang. Tapi, jika makanan sisa ini disimpan dengan cara tidak tepat akan membuat makanan rentan rusak. Makanan sisa yang tidak disimpan dengan baik dan aman nutrisinya juga akan berkurang banyak bahkan meningkatkan risiko keracunan.

Lantas, bagaimana cara yang aman dan menyehatkan untuk menyimpan makanan sisa?

Tips Menyimpan Makanan Sisa

Saat kita ingin menyimpan makanan, sebaiknya makanan yang disimpan tidak lebih dari 2 jam setelah proses pemasakan. Ini bertujuan aga kualitas rasa dan aroma makanan tetap enak. Ini juga bertujuan untuk menghindari pertumbuhan bakteri serta virus.

Usahakan untuk menyimpan makanan sisa di dalam lemari es. Sebelum dimasukkan ke dalam lemari es, tempatkan makanan di wadah khusus menyimpan makanan. Simpan makanan sisa di lemari es dengan suhu di bawah 5 derajat celcius. Makanan yang disimpan di lemari es bisa bertahan paling lama 3 sampai 4 hari.

Jika memiliki banyak makanan sisa yang perlu disimpan, beri label tanggal di setiap makanan. Ini bertujuan agar kita tidak menyimpan makanan lebih dari 4 hari. Simpan juga makanan di wadah berbeda-beda untuk satu makanan dan makanan lainnya. Hindari menyimpan makanan tertentu di dekat makanan lain yang memiliki aroma menyengat.

Makanan sisa yang hendak disimpan juga bisa dihangatkan dulu sebelum disimpan. Makanan seperti masakan bersantan, rendang, gulai dan kari sangat penting untuk dihangatkan dulu sebelum disimpan demi menghindari masakan basi di lemari es.

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading