Terjebak dalam Pernikahan Tak Bahagia? Ini 4 Tandanya

Febi Anindya Kirana14 Des 2019, 14:45 WIB
pernikahan tak bahagia

Fimela.com, Jakarta Pernikahan bukanlah hal main-main. Jika tidak dilandasi dengan komitmen dan kedewasaan emosional kuat, hubungan mengikat ini pasti akan sulit dijalani. Itulah mengapa menikah sebaiknya memang dilakukan ketika kedua belah pihak siap dan tanpa paksaan. Jika tidak, kedua belah pihak bisa terjebak dalam hubungan pernikahan yang tak bahagia.

Ini tandanya jika seseorang sedang tak bahagia dalam hubungan pernikahannya.

1. Kurang tidur

Sebuah penelitian dari Women's Health Across the Nation oleh Dr. Troxel menemukan bahwa perempuan yang memiliki pernikahan bahagia memiliki kualitas tidur lebih baik dan lebih nyenyak 10% lebih tinggi dibanding perempuan yang tak bahagia dengan pernikahannya. Beban pikiran karena masalah dengan suami bisa memicu gangguan tidur dan membuat mereka lebih cepat marah dan rentan stres.

2. Stres

Berbagai masalah dalam hiudp tentu akan membuat orang stres, baik yang memiliki pernikahan bahagia maupun tidak. Bedanya, perempuan dengan pernikahan bahagia ternyata lebih mudah mengatasi stres hidup dibanding perempuan yang tidak bahagia dalam pernikahannya, seperti ditunjukkan dari penelitian yang dilakukan di University of California. Stres justru meningkat karena perasaan tertekan di dalam pernikahan.

3. Selingkuh

pasangan cinta
ilustrasi pasangan menikah/Image by Andry Richardson from Pixabay

Berdasarkan terapis psikologi dan pernikahan Peggy Vaugn, sekitar 40% perempuan memiliki affair atau selingkuh dalam pernikahannya dan 17% diantaranya hancur karena tak ada rasa setia. Perempuan dengan pernikahan tak bahagia sering merasa kesepian secara emosional dan membutuhkan tumpuan, dan pada akhirnya mencari tumpuan para pria lain di luar sana.

4. Komunikasi yang buruk

Komunikasi bisa diibaratkan sebagai pondasi hubungan rumah tangga. Ketika tak ada komunikasi yang baik dan transparan antara suami dan istri, sudah jelas pernikahan tersebut akan mengalami banyak masalah. Komunikasi yang buruk akan menciptakan jarak dengan pasangan.

Itu dia sekian tanda jika perempuan sedang tak bahagia dengan pernikahannya. Coba lihat kondisimu sekarang, mungkinkah kamu berada di situasi yang sama, Sahabat Fimela?

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓