Bukti Studi, Makan Makanan Ini Bisa Cegah Negative Thinking dan Depresi

Febi Anindya Kirana14 Des 2019, 18:10 WIB
olahraga

Fimela.com, Jakarta Setiap orang pasti punya masalah hidup sendiri, dan terkadang masalah ini bisa menimbulkan rasa khawatir, cemas, dan bahkan memelihara negative thinking. Tahu bahwa hal-hal ini tak sehat, sebaiknya kamu atasi dengan makanan. Benar, makan makanan tertentu ternyata bisa mengurangi negative thinking dan menurunkan risiko depresi.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Psychopharmacology dan dilakukan di Oxford University menemukan bahwa, makanan mengandung prebiotik mampu meningkatkan bakteri baik di dalam tubuh dan melakukan banyak hal baik di dalam sistem pencernaan yang erat hubungannya dengan kesehatan mental.

Peneliti sekaligus neurobiologis melakukan analisis mengenai hal ini dan menemukan bahwa prebiotik juga memiliki kekuatan menimbulkan efek menenangkan diri atau memiliki sifat antidepresan sehingg mampu mengurangi kecemasan dan perasaan negatif dalam diri seseorang.

Makanan Tinggi Prebotik Cegah Depresi

makanan sehat
ilustrasi perempuan dengan sayuran/copyright by Vasin Lee on Shutterstock

Dalam percobaaannya, partisipan diminta mengonsumsi makanan kaya prebiotik selama 3 minggu. Hasilnya, mereka memiliki keadaan emosional lebih baik dan bahkan bisa meningkatkan konsentrasi dan fokus pikiran. Reaksi ini hampir sama dengan efek antidepresan yang ditemukan dalam obat stres dan depresi.

Beberapa makanan yang mengandung prebiotik seperti misalnya pisang, sayuran umbi-umbian (wortel, kentang, bit, lobak, talas dan sebagainya), bawang merah, dan bawang putih. Makanan kaya prebiotik mampu menurunkan hormon stres (kortisol) dan meningkatkan rasa bahagia serta nafsu makan.

Jadi, ketika kamu sedang memiliki mood yang buruk, suka cemas, insecure nggak jelas, atau suka negative thinking, usahakan makan makanan tinggi prebiotik ya, Sahabat Fimela.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓