Kasih Sayang Seorang Ibu Selalu Mengiringi Langkah Anaknya

Endah Wijayanti22 Des 2019, 10:15 WIB
kasih sayang ibu

Fimela.com, Jakarta Punya momen yang tak terlupakan bersama ibu? Memiliki sosok ibu yang inspiratif dan memberi berbagai pengalaman berharga dalam hidup? Seorang ibu merupakan orang yang paling berjasa dan istimewa dalam hidup kita. Kita semua pasti memiliki kisah yang tak terlupakan dan paling berkesan bersama ibu. Seperti kisah Sahabat Fimela yang diikutsertakan dalam lomba dengan tema My Moment with Mom ini.

***

Oleh: Vera Lidianas - Manggarai

Sosok tunggal dan abadi dalam hidup saya mama seorang single parent semenjak kepergian papa empat tahun lalu. Sosok sederhana dan tegar yang ada dalam hidup saya untuk pertama dan selamanya. Saya terlahir dari keluarga yang pas-pasan sederhana tapi patut bersyukur bahagia. Mama bukanlah orang yang bersekolah tinggi tapi padanyalah aku belajar semangat dalam hidup. Mama tak pernah menuntut buah hatinya untuk harus jadi sesuatu yang ia inginkan melainkan selalu bertanya kepada buahatinya ingin jadi apa maka ia pun mengiyakan keinginan buah hatinya disertai doanya yang terbaik.

Menua memang sewajarnya tetapi untuk mama tak ada alasan untuk berhenti bekerja walaupun sekarang umur mama 52 tahun sudah tak muda lagi. Mama sosok pekerja keras tanpa menghiraukan dinginnya pagi hari yang tak menyurutkan semangatnya bekerja ia berkebun lumayan jauh dari rumah. Semangatnya tak pernah hilang dan tak pudar, “Kalau mama tidak bekerja lain sekali rasanya sayang. Sudah terbiasa bekerja malahan kalau tidak bekerja akan menimbulkan sakit bagi Mama," kata-kata yang selalu dilontarkan mama ketika buah hati mencoba untuk mengajaknya berhenti bekerja walapun hanya sebentar.

 

Berusaha Membersamai Ibu

ibu penguat
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/GBALLGIGGS

Pelajaran berharga selama dua tahun tinggal berdua dengan mama, sebelumnya tinggal berempat dengan kakak tanpa sang ayah selalu saya luangkan waktu untuk temani hari-hari mama. Yang mana setiap fajar mulai menyingsing di pagi hari segeralah pula aku dan mama bergegas bersiap ke kebun. Keringat bercucuran membasahi sekucur tubuh terik matahari menyengat amat terasa. Dari mama saya belajar mengerti dan memahami bagaimana kerasnya perjuangan untuk dapat hidup, tanpa menghiraukan teriknya matahari, dahaga bahkan lapar sekalipun.

Setiap ibu mempunyai ikatan batin yang kuat dengan buah hatinya begitupun sebaliknya seorang ibu paham apa yang membuat kesulitan dalam hidup buah hatinya. Dengan ketulusan hati ia mampu menenangkan buah hatinya begitu juga dengan mama. Tak bisa dipungkiri ada kalanya mama bersedih tanpa bercerita.

Hingga suatu ketika mama mendiamkan saya hampir seharian lamanya bingung serta gelisah akhirnya saya mencoba mendekati dan membujuk mama bercerita. "Mama bukan sosok ibu yang baik sayang seperti ibu-ibu di luar sana pada umumnya yang bilamana natal atau tahun baru segera tiba membelikan pakaian baru atau hadiah istimewa untuk buah hati mereka," kata mama dengan isak tangisnya. Diam tak kuasa saya menahan tangis segera saya dekap dan peluk erat dirinya, “Mama istimewa. Cinta mama melebihi apa pun yang mungkin tak semua anak-anak di luar sana merasakannya. Cinta mama melebihi nilai pakaian baru dan hadiah istimewa itu. Terima kasih Mama."

Cinta seorang ibu yang sederhana amatlah berharga. Kasih sayang seorang ibu tak berkesudahan dan tak terbatas kasihnya selalu mengiringi langkah kaki anak-anaknya.

 

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓