5 Hidangan Khas Natal yang Populer di Indonesia

Mimi Rohmitriasih16 Des 2019, 14:15 WIB
Ayam Rica-rica

Fimela.com, Jakarta Bagi pemeluk agama Kristiani, beberapa hari lagi akan sampai pada Hari Raya Natal. Perayaan Natal biasanya identik dengan pohon Natal dan suasana yang meriah dengan kerlap-kerlip lampu indah khas Natal.

Perayaan Natal juga identik dengan kehangatan saat berkumpul bersama anggota keluarga sambil bertukar kado atau menyantap hidangan khas Natal. Jika saat momen Hari Raya Idul Fitri hidangan berupa opor dan ketupat jadi hidangan wajib, di momen Natal juga ada beberapa hidangan yang wajib ada saat Natal.

Berikut adalah beberapa hidangan khas Natal yang sangat populer di Indonesia.

Hidangan Khas Natal di Indonesia

sup kepala ikan
Ilustrasi/copyright shutterstock.com/Matthew Oldfield

Ikan Kuah Kuning

Ikan kuah kuning merupakan hidangan khas Natal di Ambon. Hidangan bisa ditemukan di hampir semua rumah orang yang merayakan Natal di Ambon. Hidangan ini biasanya disajikan bersama papeda. Buatmu yang tak suka papeda, nasi putih hangat akan sangat cocok disantap bersama hidangan ini. Masakan ini terbuat dari ikan segar, bisa berupa ikan tuna atau ikan muba.

Ayam Rica-rica

Hidangan khas Natal selanjutnya ada ayam rica-rica. Ini merupakan hidangan khas Manado. Selain di Manado, ayam rica-rica sudah menjadi hidangan Natal di berbagai daerah di Indonesia. Cita rasa pedas, gurih dan manis dari ayam rica-rica siap memanjakan lidah siapa saja yang menyantapnya.

Ikan Woku Belanga

Ini merupakan hidangan Natal yang berasal dari Ambon. Hidangan ini terbuat dari ikan kerapu segar yang dimasak dengan aneka rempah khas Indonesia. Campuran daun kemangi, daun pandang dan aneka rempah membuat masakan ini terasa makin menggugah selera.

Ayam atau Bebek Betutu

[reservasi]wisata kuliner di bali
Ayam Betutu Merupakan Makanan khas Bali (pubindo.com)

Ayam Budu-budu

Hidangan ini berasal dari Makassar. Biasanya, hidangan ini menggunakan bahan dasar ayam kampung agar cita rasanya makin menggugah selera. Rempah seperti jeruk nipis, jahe, daun bawang dan lengkuas membuat cita rasa hidangan ini cocok di lidah masyarakat Indonesia.

Ayam atau Bebek Betutu

Hidangan selanjutnya adalah ayam atau bebek betutu. Daging ayam atau bebek utuh diisi dengan aneka bumbu rempah kemudian ayam atau bebak dipanggah hingga matang. Hidangan betutu merupakan hidangan yang berasal dari Bali. Selain disajikan saat Natal, menu ini juga disajikan di acara keagamaan besar lainnya.

Itulah beberapa hidangan khas Natal yang populer di Indonesia. Dari beberapa hidangan di atas, mana yang menjadi favorit buatmu Sahabat Fimela?

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓