Sukses

Lifestyle

Setiap Langkah Kita, tak Lepas dari Doa Ibu

Fimela.com, Jakarta Punya momen yang tak terlupakan bersama ibu? Memiliki sosok ibu yang inspiratif dan memberi berbagai pengalaman berharga dalam hidup? Seorang ibu merupakan orang yang paling berjasa dan istimewa dalam hidup kita. Kita semua pasti memiliki kisah yang tak terlupakan dan paling berkesan bersama ibu. Seperti kisah Sahabat Fimela yang diikutsertakan dalam lomba dengan tema My Moment with Mom ini.

***

Oleh: Zeni Oktav - Tuban

Ibu adalah madrasah pertama bagi anak-anaknya. Beliau merupakan tempat pertama bagi anak untuk memulai belajar dalam menjalani hidup ini. Peran ibu begitu penting untuk tumbuh kembang anaknya karena beliau akan menjadi teladan bagi anak-anaknya. Sikap dan perilaku yang dimiliki anak tentunya merupakan cerminan dari apa yang diajarkan oleh kedua orangtuanya karena mereka menjadi contoh bagi anak-anaknya. Menjadi ibu bukanlah hal mudah, hal itu dimulai ketika ibu mengandung hingga melahirkan si buah hati dengan nyawa sebagai taruhannya. Ibu juga akan senantiasa memberikan perawatan yang terbaik bagi anaknya serta melindungi dan mendidik juga menjadi tanggung jawab utama bagi seorang ibu.

Kenangan masa kecil yang kumiliki bersama ibu tidak terlalu membekas di ingatanku, karena semenjak TK hingga SMP aku diasuh oleh saudara dari nenek. Semenjak kecil aku dititipkan karena memang sauadaraku banyak dan waktu itu aku juga memiliki adik yang masih kecil. Memiliki saudara banyak tentunya membuatku harus berbagi kasih sayang sehingga pada masa itu aku lebih dekat dengan saudara nenek yang juga kupanggil ibu. Meskipun tidak tinggal serumah dengan orangtuaku, aku setiap harinya selalu menyempatkan untuk pulang kerumah karena tempat tinggal kami masih berdekatan.

Selepas lulus SMP aku mulai kembali ke rumah orang tuaku sendiri, di situ aku mulai mendapat perhatian dan kasih sayang dari ibu secara langsung. Meskipun aku lebih sayang kepada ibu yang telah mengasuhku, tapi tentunya ibu kandungku juga berhak untuk mendapat kasih sayang dariku juga. Semenjak tinggal dengan orangtuaku sendiri, aku mulai bisa belajar dari apa yang memang harus kuteladani dari beliau. Ibu merupakan sosok wanita yang begitu religius, tidak hanya ibadah wajib namun beliau juga rajin untuk melaksanakan ibadah sunah. Bagi kami orang jawa hal itu dianggap sebagai tirakat kepada Tuhan agar memperoleh kemudahan dalam menjalani kehidupan ini.

 

Ibu yang Selalu Mendoakanku

Awalnya aku melakukan ibadah sunah seperti puasa ataupun salat sunah lainnya ketika di waktu akan menghadapi ujian sekolah saja, karena aku percaya ketika aku semakin dekat dengan Tuhan, maka aku akan mendapat kemudahan untuk menjadi siswa yang berprestasi dan hal itu nyata selalu kudapatkan semasa di bangku SMA hingga bisa lolos ke PTN yang kuinginkan.

Selepas ujian selesai aku hanya melaksanakan ibadah yang wajib saja, sehingga ibu akhirnya memberikan sebuah nasihat yang sampai saat ini menjadi panutanku. Ibu berpesan bahwa manusia ketika mengejar Allah maka kehidupan dunia dan akhirat bisa didapatkan namun jika hanya fokus terhadap kehidupan dunia saja maka kenikmatan yang didapat juga tidak akan bertahan lama.

Berbekal nasihat tersebut aku mulai sadar bahwa memang rasanya egois jika mendekat kepada Tuhan hanya untuk mendapatkan apa yang kuinginkan saja. Akhirnya aku mulai belajar untuk menjadikan ibadah sunah sebagai kewajiban yang juga harus kulaksanakan. Semasa hidup di perantauan saat kuliah ataupun setelah mendapatkan pekerjaan semakin membuatku merasakan bahwa Tuhan selalu memberikan kemudahan bagiku dalam menjalani aktivitas. Serta aku yakin setiap langkahku untuk menggapai apa yang kucita-citakan tentunya tak lepas dari doa ibu.

Teladan yang dimiliki ibu sebagai hamba Tuhan yang begitu religius mampu membuatku untuk belajar mengikuti apa yang dilakukan oleh beliau. Ibu telah mengajariku menjadi pribadi yang bisa mendekatkan diri kepada Tuhan, di mana hal ini tentunya mampu menjadikan seorang anak untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Peran ibu inilah yang mampu membuat anak-anaknya untuk menjadikan beliau sebagai panutan dalam menjalani hidup ini.

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading