Depresi Juga Bisa Membuatmu Sering Mimpi Buruk

Annissa Wulan21 Des 2019, 09:00 WIB
Ilustrasi depresi

Fimela.com, Jakarta Depresi bukan sesuatu yang bisa disepelekan, karena bisa mempengaruhi banyak bagian tubuh, tingkat energi, hingga mimpi. Beberapa penelitian menunjukkan adanya hubungan antara depresi dan mimpi buruk.

Jika kamu sedang mengalami depresi, kemungkinan besar kamu akan mengalami mimpi buruk. Sedangkan mimpi buruk sendiri merupakan indikator yang kuat dari gejala depresi.

Sebuah studi tentang mimpi buruk yang diterbitkan di Sleep pada tahun 2015 menemukan bahwa orang yang mengalami depresi, insomnia, atau kelelahan adalah mereka yang paling mungkin mengalami mimpi buruk. Dilansir dari bustle.com, Kamis (19/12/2019), mimpi buruk dikaitkan dengan upaya otak untuk mengatasi perasaan negatif dari pengalaman sebelumnya.

Depresi bisa menjadi penyebab kamu sering mimpi buruk

depresi
Ilustrasi depresi (Photo by Kinga Cichewicz on Unsplash)

Menurut sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Sleep Medicine pada tahun 2016, mimpi buruk dan gangguan tidur dapat meningkatkan depresi karena hal tersebut dapat mempengaruhi kemampuan bangun untuk mengatur perasaan dan memecahkan masalah emosional. Secara intrinsik, depresi dan mimpi buruk terkait, namun untuk mengetahui perawatannya, sebaiknya kamu mencatat mimpimu dan bagaimana mimpi tersebut mempengaruhimu. Apa kamu sering mengalami mimpi buruk?

Saksikan video menarik setelah ini

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓