Sukses

Lifestyle

Seberapa Aman Membersihkan Tangan dengan Menggunakan Hand Sanitizer?

Fimela.com, Jakarta Hand sanitizer memang menjadi solusi praktis untuk membersihkan tangan. Dengan aroma yang khas, hand sanitizer juga dapat membantu mencegah penyebaran kuman. Namun apakah hand sanitizer ini benar-benar bermanfaat untuk kesehatan?

Sebuah penelitian pun dilakukan untuk menemukan jawaban atas beberapa pertanyaan umum soal kuman dan hand sanitizer. Hasilnya, hand sanitizer cukup bermanfaat untuk membunuh kuman selama digunakan dengan cara tepat.

Menurut Pusat pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), bahan-bahan pada hand sanitizer kebanyakan adalah etil alkohol. Ia bekerja secara berbeda dari antibiotik untuk menyerang kuman. Menggunakan hand sanitizer membuat kuman tidak memiliki kesempatan untuk beradaptasi atau mengembangkan resistensi.

Menggunakan sabun dan hand sanitizer menjadi cara yang dapat diterima untuk menjaga kebersihan tangan selama digunakan dengan baik. Meski lebih praktis, hand sanitizer tidak dapat menggantikan sabun dan air.

 

Penggunaan hand sanitizer yang baik

Selama masih bisa menggunakan sabun dan air lebih baik gunakan cara lama dalam membersihkan tangan. Sementara hand sanitizer adalah cara efektif untuk membersihkan tangan ketika tidak menemukan wastafel. Ini sangat membantu para profesionel kesehatan yang perlu mendisinfeksi tangan mereka sesering mungkin.

Ketika menggunakan hand sanitizer, perhatikan bagian ibu jari, ujung jari, dan sela-sela jari. Bagian-bagian tersebut menjadi bagian yang terlewatkan dalam mengaplikasikan hand sanitizer.

Selain aroma, pertimbangan hand sanitizer berbasis alkohol untuk digunakan. Hand sanitizer berbasis alkohol akan mendenaturasi protein kuman yang membunuh kuman. Hand sanitizer setidaknya mengandung 60-95 persen alkohol. Kandungan ini dikatakan paling efektif untuk menangkal kuman.

Simak video berikut ini

#GrowFearless with Fimela

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading