Tips Memilih dan Membeli Bawang Merah yang Berkualitas

Febi Anindya Kirana18 Des 2019, 16:18 WIB
bawang merah

Fimela.com, Jakarta Ketika belanja bumbu dapur di pasar, kemungkinan besar orang akan membeli bawang putih dan bawang merah karena itu adalah bumbu dasar setiap masakan.

Namun terkadang orang asal beli bawang merah sehingga mendapatkan bawang merah yang mudah busuk atau tidak berkualitas baik. Untuk mendapatkan bawang merah yang baik, ini tips memilih dan membelinya.

1. Tidak basah

Pilih bawang merah yang tampak kering dan kulitnya mengkilat. Bonggol atau akarnya juga kering, tampak utuh dan padat. Tidak masalah jika berserabut, tapi pilih yang tidak lembap.

2. Warna kulitnya tidak hitam

Kulit mengkilat atau tampak licin merupakan tanda bahwa bawang merah diangin-anginkan dengan benar sehingga tidak mudah busuk. Jika warna kulit terluarnya merah gelap dan kusam, risiko cepat busuk juga semakin besar.

3. Belum dikupas

Ilustrasi kerokan pakai bawang merah (iStockphoto)
Ilustrasi kerokan pakai bawang merah (iStockphoto)

Ada beberapa penjual yang menjual bawang merah kupas sehingga siap pakai. Tapi jangan membelinya jika tidak ingin langsung digunakan karena bawang merah yang sudah dikupas akan cepat busuk dan rentan terkontaminasi.

4. Padat dan tidak bertunas

Pilih bawang merah yang padat karena ini tanda bawang merah yang segar. Bawang merah yang dipijat teras aempuk adalah tanda bagian dalamnya mulai busuk atau tidak segar. Pilih juga yang tidak bertunas jika ingin menyimpannya dalam waktu lama.

Itu dia tips yang bisa diikuti jika membeli bawang merah di pasar. Semoga bermanfaat.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓