Sukses

Lifestyle

3 Tips Membuat Gudeg yang Legit dan Berwarna Cokelat

ringkasan

  • Hilangkan Getah Nangka Muda
  • Masak dengan Api Kecil
  • Gunakan Air Kelapa dan Gula Merah yang Bagus

Fimela.com, Jakarta Ingin mencoba membuat gudeg sendiri yang legit? Atau masih bingung cara menghasilkan olahan gudeg dengan warna cokelat yang cantik? Membuat gudeg sebenarnya tidaklah terlalu sulit, tapi memang butuh kesabaran.

Bagi yang ingin membuat gudeg legit dan berwarna cokelat merata, ada sejumlah tips yang bisa dicoba. Selengkapnya, langsung saja simak di sini, ya.

1. Hilangkan Getah Nangka Muda

Nangka muda yang akan diolah perlu dibersihkan lalu direbus sebentar. Tujuan dari perebusan yang sebentar ini adalah untuk menghilangkah getahnya. Setelah getahnya hilang, baru kita bisa menggunakannya untuk diolah jadi gudeg.

2. Masak dengan Api Kecil

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, memasak gudeg yang enak butuh kesabaran. Proses memasaknya bisa memakan waktu seharian atau minimal tujuh jam. Gunakan api kecil agar empuk dan warnanya cantik.

3. Gunakan Air Kelapa dan Gula Merah yang Bagus

Air kelapa adalah kunci penting untuk membuat warna gudeg jadi lebih cantik. Selain itu, air kelapa ini bisa membuat rasanya makin legit. Untuk menghasilkan warna cokelat, bisa saja kita menggunakan daun jati atau teh celup. Namun, pakai gula merah yang kualitasnya bagus pun sudah cukup. Bila menggunakan gula merah, pilih dan gunakan yang warnanya cokelat tua.

Cukup mudah bukan tipsnya? Semoga infonya bermanfaat dan membuatmu lebih semangat memasak, ya.

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading