Sukses

Lifestyle

Melihat Peran Perempuan di Era Teknologi

Fimela.com, Jakarta Dalam rangka perayaan Hari Ibu Nasional, aplikasi agregator berita Baca Berita (BaBe) hari ini mengadakan forum untuk membahas peran wanita di era teknologi. Forum berjudul “Ngumpul Asik” ini dihadiri oleh komunitas perempuan dan media di Jakarta.

Menurut data dari We Are Social in 2019, Indonesia mengalami peningkatan 13 persen dalam hal jumlah pengguna internet dari tahun ke tahun. Wanita menempati porsi 48.57 persen dari keseluruhan pengguna internet, berdasarkan data dari Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII). Sayangnya, survei yang dilakukan oleh Google memperlihatkan bahwa 53 persen perempuan tidak menerima informasi yang benar-benar mereka butuhkan di internet.

“Di tengah banyaknya informasi di internet saat ini, kita perlu lebih hati-hati dalam memilih apa yang perlu dibaca dan apa yang bisa dipercaya. Tips paling mendasar adalah mencari tahu sumber informasi tersebut, dan pastikan bahwa sumber tersebut kredibel serta tepercaya, Kita juga perlu lebih bijak dalam menggunakan media sosial,” kata Ibu Happy Djarot Saiful Hidayat, penggiat sosial untuk pemberdayaan wanita yang hadir dalam forum ini.

Nyimas Aliah, S.E., S.Sos, M.IKom Asdep Perlindungan Hak Perempuan Dalam Situasi Darurat dan Kondisi Khusus, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, menyorot bagaimana perempuan dapat ambil bagian dalam sektor ekonomi dengan lebih mudah sekarang ini. Hal tersebut sejalan dengan riset dari The McKinsey Global Institute (MGI) yang memperkirakan peningkatan kesetaraan gender dapat menambah nilai 12 triliun dolar AS per tahun ke perekonomian dunia di tahun 2025 nanti.

“Dengan memanfaatkan kemajuan teknologi, perempuan akan mampu meningkatkan kapasitas mereka dan berpartisipasi dalam banyak sektor, termasuk ekonomi dan pembangunan,” kata Nyimas. "Platform informasi digital seperti BaBe pun diharapkan dapat berperan sebagai rujukan bagi perempuan dalam memperoleh informasi yang berimbang."

 

Perempuan semakin berdaya dalam era digital

“Berbagai informasi dan pengetahuan yang dapat diakses dengan kemajuan teknologi ini dapat digunakan untuk memberdayakan mereka dengan kemampuan dan pengetahuan baru, yang dapat menjadi pilihan karir yang baru atau sumber pendapatan,” ujar Dessy Ilsanty, Psikolog dari Yayasan Praktik Psikologi Indonesia yang juga menjadi pembicara dalam forum ini.

“Wanita yang berdaya akan bermanfaat dan signifikan di setiap rumah tangga, sehingga dapat memperkaya keluarganya dengan lebih banyak nilai-nilai positif.”

 

Perempuan saling berbagi untuk maju bersama

Untuk memberikan akses ke lebih banyak informasi dan kesempatan yang dapat memberdayakan wanita, BaBe, aplikasi agregator berita terdepan, mempersembahkan kanal ‘WANITA’ yang menyediakan beragam konten dari banyak publisher, termasuk The Asian Parent, Kumparan Mom, Sajian Sedap, dan kreator seperti Babyologist, Nasehat pernikahan untuk berbagi tips serta pendapat yang berguna bagi wanita. Selain itu kanal khusus untuk topik wanita, BaBe juga membentuk komunitas wanita bernama Ikatan Bunda BaBe (iBuBa) di mana para wanita dapat bergabung ke komunitas tersebut dan membagi tips serta trik.

“Wanita, dalam hal ini para ibu, merupakan gerbang bagi keluarga. Memberdayakan wanita itu bagus, bukan hanya bagi wanita yang merasakan manfaatnya. Di BaBe, kami percaya bahwa melalui kemajuan teknologi, wanita dapat mengakses informasi dan peluang yang memberdayakan diri mereka dan bermanfaat bagi masyarakat,” kata Lidia Chandra, Product Manager, BaBe.

#GrowFearless with Fimela

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading