Tips Menghilangkan Noda Minyak Membandel Pada Wajan

Mimi Rohmitriasih21 Des 2019, 08:45 WIB
Cuci wajan

ringkasan

  • Langsung Cuci Wajan Setelah Digunakan
  • Gunakan Wajan Kotor untuk Merebus Air
  • Rendam Wajan dengan Air Sabun
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Memasak merupakan aktivitas yang sangat menyenangkan bagi sebagian besar orang. Membuat masakan yang enak dan sehat untuk keluarga tentu menjadi kebahagiaan serta kebanggan tersendiri.

Meski membuat masakan enak sendiri begitu membahagiakan, ketika mendapati wajan atau panci bekas memasak kotor oleh sisa makanan, minyak dan sejenisnya, ini akan mengurangi kebahagiaan tersebut. Apalagi jika kotoran yang ada di panci dan wajan sangat sulit dihilangkan.

Agar noda membandel pada panci dan wajan mudah dihilangkan, ada beberapa cara ampuh yang bisa kita lakukan. Penasaran apa caranya?

Cara Menghilangkan Noda Membandel di Wajan

Cuci wajan
Ilustrasi/copyright shutterstock.com/Alena TS

Langsung Cuci Wajan Setelah Digunakan

Selesai memasak, lansung siram wajan dengan air dan cuci bersih. Gunakan sabun cuci piring yang ampuh mengangkat sisa makanan atau minyak bekas memasak. Semakin cepat alat dapur dicuci setelah digunakan, maka akan semakin mudah kotorannya dibersihkan.

Rendam Wajan

Jika noda pada wajan atau panci terlalu kering karena proses pemasakan tertentu, cobalah untuk merendam wajan selama beberapa waktu sebelum dicuci. Merendam wajan akan memudahkan sisa makanan yang kering dan lengket jadi lebih lembek sehingga mudah dibersihkan.

Gunakan Wajan Kotor untuk Merebus Air

Usahakan untuk menggunakan wajan atau panci kotor untuk merebus air. Rebus air hingga mendidih di dalam wajan atau panci kotor. Memanaskan kembali wajan atau panci kotor bisa bermanfaat mengangkat kotoran dengan baik sehingga akan lebih mudah untuk dibersihkan.

Rendam Wajan dengan Air Sabun

Merendam wajan atau panci dengan air sabun juga akan memudahkan kotoran lepas dari dasar wajan. Merendam wajan dengan sabun akan membuatmu lebih mudah membersihkan sisa makanan, minyak dan kotoran lain yang menempel di wajan.

Itulah beberapa cara menghilangkan noda sisa makanan atau minyak membandel di wajan. Semoga tips dapur ini bermanfaat dan selamat mencoba.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓