Cara Menyimpan Daun Jeruk Agar Tahan Lebih Lama

Mimi Rohmitriasih23 Des 2019, 14:00 WIB
bumbu dapur

Fimela.com, Jakarta Daun jeruk menjadi salah satu bumbu masakan yang bisa membuat setiap masakan terasa lebih sedap. Daun jeruk juga membuat setiap masakan yang semula amis jadi lebih harum atau segar aromanya.

Saat membeli daun jeruk, biasanya kita membeli daun jeruk dalam jumlah banyak. Padahal, tidak setiap hari atau setiap masakan yang kita buat membutuhkan daun jeruk di dalamnya. Alhasil, tidak jarang kita membuang sisa daun jeruk yang telah dibeli sebelumnya. Agar daun jeruk sisa yang dibeli tak terbuang, usahakan untuk menyimpan daun jeruk dengan tepat. Dengan cara penyimpanan tepat, daun jeruk akan awet segar.

Cara Menyimpan Daun Jeruk

bumbu dapur/daun jeruk
Ilustrasi/copyright shutterstock.com/praditkhorn somboonsa

Saat membeli daun jeruk, pastikan daun jeruk yang dibeli masih segar atau baru petik. Daun yang sudah layu akan semakin mudah layu jika disimpan di rumah.

Daun jeruk yang hendak disimpan kemudian masukkan ke dalam kantong kertas atau plastik. Tutup rapat kemudian masukkan di lemari es. Ini akan membuat daun jeruk bertahan lebih lama dan awet segar.

Jika ingin mendapat daun jeruk yang tahan lebih lama, potong halus daun jeruk yang hendak disimpan. Masukkan potongan daun jeruk ke dalam jar atau botol kaca, tambahkan sedikit minyak goreng kemudian aduk rata. Simpan daun jeruk di lemari es. Ambil secukupnya daun jeruk dengan sendok khusus yang bersih dan kering jika ingin daun jeruk tahan lebih lama.

Daun jeruk yang disimpan di lemari es akan bertahan hingga 4 sampai 7 hari. Meski daun jeruk sudah kering, daun tersebut masih akan tetap memberi aroma wangi ke setiap masakan. Semoga tips menyimpan bumbu dapur ini bermanfaat. Selamat mencoba.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓