Punya Warna Mencolok, Ini 5 Manfaat Kesehatan Kubis Ungu

Febi Anindya Kirana21 Des 2019, 15:13 WIB
kol ungu

Fimela.com, Jakarta Seperti saudaranya yang berwarna putih, kubis atau kol ungu mudah diolah menjadi berbagai makanan, bahkan memiliki banyak kandungan nutrisi dan manfaat kesehatan. Banyak orang tak menyadarinya, ketika makan kubis jenis ini, inilah manfaat kesehatan yang akan didapat.

1. Melawan radikal bebas

Kandungan vitamin kubis ini sangat tinggi sehingga manfaat paling besar yang dapat dirasakan adalah antioksidannya yang mmapu melawan radikal bebas di dalam tubuh. Dalam penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Food Science and Technology, keluarga kubis-kubisan memiliki antioksidan yang mudah larut dan mudah digunakan tubuh.

2. Menurunkan inflamasi dalam tubuh

Peradangan di dalam tubuh mampu menurunkan imunitas tubuh terhadap penyakit dan meningkatkan risiko mengembangkan penyakit. Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Molecular Nutrition & Food Research menemukan bahwa kubis ungu mampu mengurangi inflamasi di dalam pencernaan sehingga mencegah timbulnya masalah gastrointestinal.

3. Menjaga kesehatan jantung

kol ungu
ilustrasi kol ungu/copyright By wavebreakmedia (Shutterstock)

Penelitian yang diterbitkan dalam PubMed Central Circulation menemukan bahwa perempuan yang mengonsumsi makanan yang mengandungan antosianin (warna ungu kubis) mampu menurunkan risiko serangan jantung 11-12% lebih besar dari orang yang jarang makan makanan dengan kandungan antosianin.

4. Menjaga pencernaan sehat

Karena kandungan seratnya yang tinggi, kol ungu menjadi sayuran yang mampu membersihkan usus dan menjaga sistem pencernaan sehat dan lancar.

5. Mencegah kanker

Kandungan antioksidan kubis ungu yang tinggi bekerja menjaga dan melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan karena radikal bebas, dan menjaga sel-sel mengalami perkembangan abnormal yang memiliki kecenderungan menjadi tumor dan kanker.

Jadi, masih meragukan kubis ungu sebagai sayuran yang patut masuk daftar menu makanan sehatmu, Sahabat Fimela?

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓