Tips agar Nasi Goreng Tidak Basah dan Lengket

Febi Anindya Kirana21 Des 2019, 17:10 WIB
nasi goreng

Fimela.com, Jakarta Seringkali ketika memasak nasi goreng, masalah yang sering dihadpi banyak orang adalah nasi yang terlalu puneh, lengket dan menyatu, sehingga sulit digoreng dan dicampurkan dengan bumbu. Jika ingin membuat nasi goreng yang enak dengan nasi yang pisah-pisah, ini dia caranya.

1. Gunakan nasi yang sudah lama

Nasi yang baru matang biasanya masih terlalu basah, punel dan lembut. Ketika nasi sudah lama atau nasi kemarin, butiran-butiran nasinya lebih kering sehingga lebih cocok dimasak jadi nasi goreng.

2. Dinginkan dulu nasi

Nasi Putih
Ilustrasi/copyright unsplash.com/

Jika memasak nasi yang masih panas sebagai nasi goreng memang akan cenderung lengket dan menyatu. Untuk mencegah hal ini terjadi, dinginkan dulu nasi hangat yang diambil dari rice cooker. Nasi dingin akan lebih mudah dijadikan nasi goreng.

3. Campur minyak

Setelah dingin, jika nasi masih terlalu punel dan lengket, campurkan dengan minyak secukupnya. Misalnya menggunakan minyak wijen yang sekaligus bisa menambah cita rasa. Minyak akan membuat nasi tidak lengket.

Nah, sekarang tingal memprakttekkan saja cara mana yang ingin kamu coba di rumah saat membuat nasi goreng, Sahabat Fimela.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓