Sukses

Lifestyle

Hal yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Jadi Freelancer

ringkasan

  • Penghasilan bulanan yang berubah adalah salah satu faktor pertimbangan sebagai seorang freelancer
  • Jangan gegabah, jadi freelancer tentu memiliki sejumlah pertimbangan yang harus dipikirkan

Fimela.com, Jakarta Tahun baru adalah waktu yang tepat untuk menata kehidupan dengan beragam rencana masa depan. Berbicara mengenai tujuan hidup di tahun 2020, bagi para pegawai kantoran tentu menginginkan kehidupan yang lebih mandiri dengan menjadi seorang freelancer.

Walau sejumlah pekerjaan memang sangat menjanjikan jika ditekuni sebagai freelancer, namun hal tersebut tentu harus dipertimbangkan secara matang. Menjadi freelancer berarti kamu menanguung sepenuhnya seluruh kesejahteraan yang biasanya didukung oleh kantor. Selain itu, kehilangan penghasilan bulanan yang pasti juga akan merubah gaya hidup harian. Seperti yang dilansir dari Bustle.com, simak sejumlah pertimbangan yang harus disikapi secara matang.

1. Networking adalah hal yang harus dimiliki dengan kuat

Membangun hubungan dengan orang di industri yang kamu geluti sangatlah penting. Dengan networking yang bagus tentunya kamu akan semakin dikenal dan tentunya akan membuka sejumlah peluang kerja yang dapat menghasilkan pundi-pundi. Di saat networking yang dimiliki tidak terlalu bagus, yang pasti akan mempersempit peluang kerja yang ada. 

Hal yang harus dipertimbangkan sebagai freelancer

2. Kamu akan merasa kesepian

Aktivitas harian yang dilakaukan sebgai pegawai kantoran membuat kitaa aberinteraksi dengan ornag lain. Sedangkan sebagai freelancer, kita akan bertemu orang lebih sedikit dan pekerjaan tersebut membuat kita lebih banyak di rumah untuk mengerjakan sejumlah pekerjaan. Dengan kebiasaan baru ini tentu membuat kita akan merasa kesepian.

3. Kamu membutuhkan financial advice

Para freelncer memiliki penghasilan yang tidak tetap. Berbeda dari para pegawai kantoran yang memiliki pendapatan pasti setap bulannya, maka dengan penghasilan yang tak tetap kamu diharuskan untuk lebih cermat mengatur keuangan. Di sinilah financial advisor diperlukan agar keuanganmu lebh tertata.

4. Harus cermat mencari peluang

Jadilah orang yang kreatif dan mampu menjadi marketing bagi diri sendiri. Sebagai seorang freelancer, tentu kamu akan mulai meniti karier dari bawah hingga akhirnya kamu bisa sukses memasarkan jasa yang kamu milki dan client yang dimiliki juga satu per satu mulai bertambah.

 

 

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading