Tips Menghilangkan Lemak Menempel pada Piring dan Panci

Febi Anindya Kirana25 Des 2019, 10:15 WIB
piring

Fimela.com, Jakarta Ketika memasak makanan yang mengandung banyak lemak, tentu satu hal yang sering dikhawatirkan banyak orang adalah bagaimana mencuci piring yang penuh lemak. Karena tak jarang sisa-sisa lemak menempel peralatan makan dan susah dihilangkan, bahkan tidak cukup jika hanya mencucinya dengan sabun cuci piring biasa.

Ini tips agar bisa menghilangkan dan membersihkan lemak menempel di peralatan masak dan makan.

1. Siram air panas

Kumpulkan semua peralatan masak dan makan, rebus air hingga panas, siramkan hingga merata pada peralatan masak dan makan. Lemak yang menempel akan mencair dan selagi hangat, segera cuci bersih dengan sabun cuci piring. Jika menunggu dingin, lemak akan menempel lagi.

2. Gunakan garam

peralatan makan
Photo by Arthur Podzolkin on Unsplash

Ambil garam secukupnya, gosokkan pada peralatan yang penuh lemak. Biarkan sejenak hingga senyawa garam bekerja dengan baik. Bilas setelahnya. Cuci bersih dengan sabun cuci piring.

3. Gosok dengan cuka

Jika punya cuka di rumah, tuang secukupnya sedikit demi sedikit pada peralatan yang ingin dibersihkan. Gosok dengan kain bersih atau spons cuci piring yang tidak terkena sabun cuci piring hingga bersih. Jika bercampur sabun cuci piring, efeknya akan memudar.

4. Gosok dengan baking soda

Campurkan baking soda dengan sedikit air, gosokkan merata pada peralatan hingga lemak terangkat. Bilas bersih dan cuci dengan sabun cuci piring.

Masalah lemak membandel di alat makan memang bikin pusing, tapi jangan ragu mencoba sekian tips di atas. Semoga bermanfaat.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓