Tips Menyimpan Ikan Segar di Kulkas Agar Tidak Bau

Mimi Rohmitriasih31 Des 2019, 08:15 WIB
Diperbarui 31 Des 2019, 08:15 WIB
Ikan

Fimela.com, Jakarta Ikan menjadi salah satu bahan makanan yang bisa diolah menjadi berbagai masakan lezat dan menggugah selera. Ikan juga menjadi bahan makanan yang kaya nutrisi buat kesehatan. Menariknya lagi, omega 3 yang terkandung dalam ikan bermanfaat meningkatkan kecerdasan otak.

Bicara mengenai ikan, kali ini Fimela punya tips menyimpan ikan segar di kulkas agar tahan lebih lama dan tak bau. Seperti apa tipsnya?

Tips Menyimpan Ikan

Ikan
Ilustrasi/copyright shutterstock.com
  1. Saat membeli ikan, pastikan ikan masih segar. Ikan yang masih segar dagingnya kenyal, matanya bening dan baunya khas ikan segar.
  2. Ikan yang sudah dibeli segera bersihkan dan ambil isi dalam perutnya. Buang juga sisik ikan jika ikan bersisik.
  3. Beri perasan air jeruk nipis di tubuh ikan agar bau amisnya berkurang. Diamkan kira-kira selama 30 menit. Cuci lagi ikan sampai bersih.
  4. Tiriskan ikan, letakkan di kotak penyimpananan makanan, tutup rapat dan simpan di freezer. Cara penyimpanan ini akan membuat ikan awet segar dan tidak bau.
  5. Ikan juga bisa disimpan dengan cara dibumbui dulu. Haluskan bumbu kemudian balurkan ke tubuh ikan hingga rata. Simpan ikan yang telah dibumbu di kulkas bagian luar dan dirimu bisa mengambil secukupnya jika ingin memasak atau menggoreng ikan.
  6. Simpan ikan terpisah dari bahan makanan lain dengan bau menyengat.

Itulah tips menyimpan ikan agar tahan lama dan tidak bau. Semoga tips dapur ini bermanfaat. Selamat mencoba.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓