Tips Membuat Bakwan Jagung yang Renyah dan Gurih

Mimi Rohmitriasih27 Des 2019, 16:15 WIB
Bakwan Jagung

Fimela.com, Jakarta Bakwan jagung menjadi salah satu makanan yang disukai oleh hampir semua orang. Rasanya yang khas dan gurih, membuat bakwan jagung sangat disukai. Cara membuatnya yang cukup mudah, membuat siapa saja tertarik untuk membuat makanan ini sendiri di rumah.

Bicara mengenai bakwan jagung, kali ini Fimela punya tips membuat bakwan jagung yang lebih renyah dan gurih. Selain itu, bakwan jagung ini juga tak mudah basi meski telah disimpan dari pagi sampai malam.

Penasaran bagaimana membuat bakwan jagung yang renyah?

Rahasia Bakwan Jagung Renyah

bakwan jagung bayam
Ilustrasi bakwan jagung./Copyright shutterstock.com/g/GekkoGallery
  1. Gunakan bahan yang tepat dan masih segar. Untuk tepung terigu, gunakan tepung terigu dengan protein sedang. Menggunakan tepung terigu protein tinggi akan membuat bakwan cepat layu.
  2. Untuk penggunaan jagung. Jagung tak perlu dihaluskan bersama bumbu atau diblender lebih dulu. Jagung muda cukup disisir halus kemudian dicampur dengan tepung, bumbu dan bahan-bahan lain.
  3. Tambahkan kuning telur tanpa putihnya. Kuning telur akan membuat bakwan terasa makin gurih dan membuat tekstur bakwan lebih renyah serta garing.
  4. Untuk air adonan, tambahkan sedikit air es. Jika pun dirimu tak ingin menambahkan air, simpan adonan bakwan jagung di lemari es selama beberapa waktu sebelum digoreng.
  5. Goreng bakwan dengan minyak goreng yang banyak (deep frying). Pastikan bakwan jagung terendam sempurna saat digoreng. Goreng bakwan hingga berwarna kuning kecokelatan.

Itulah beberapa tips yang bisa dirimu lakukan untuk mendapatkan bakwan jagung yang lebih renyah, garing dan gurih. Semoga tips dapur ini bermanfaat.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓