Mengenal Perbedaan Waffle dan Pancake yang Sama Enaknya

Mimi Rohmitriasih31 Des 2019, 15:15 WIB
pancake

Fimela.com, Jakarta Waffle dan pancake menjadi salah satu makanan sederhana yang disukai oleh hampir semua orang. Cara memasak kedua makanan ini pun sangat mudah. Karena bisa dibuat dengan bahan sederhana dan caranya mudah, banyak orang yang suka praktik membuat keduanya di rumah sebagai menu sarapan atau camilan saat sore hari.

Mengenai waffle dan pancake, tahukah dirimu bahwa kedua makanan yang memiliki cita rasa sama enaknya ternyata adalah makanan yang berbeda. Meski keduanya sering dikira sebagai makanan yang nyaris sama, ada perbedaan khusus di keduanya.

Yuk, cari tahu perbedaan waffle dan pancake.

Perbedaan Waffle dan Pancake

Waffle
Ilustrasi/copyright pexels.com/Brigitte Tohm

Waffle

Waffle dan pancake terbuat dari bahan yang sama yakni tepung terigu, baking soda, gula, garam, telur, mentega dan susu cair. Hanya saja, untuk permbuatan waffle adonannya mengandung persentase gula yang lebih tinggi atau banyak. Waffle mengunakan lebih banyak mentega, margarin atau lemak di dalamnya. Makanan ini juga ditambahkan aroma vanila agar lebih menggugah selera.

Waffle dimasak dalam waffle oron atau alat yang memang digunakan khusus untuk mencetak waffle. Untuk tekstur, waffle renyah dan garing di luar dan empuk di dalam. Waffle disajikan dengan topping saus cokelat, madu, saus strawberry dan sejenisnya. Dibandingkan dengan pancake, waffle mengandung lebih banyak kalori, lemak, karbohidrat dan protein.

Pancake

Sama dengan waffle, pancake juga terbuat dari tepung terigu, baking soda, gula, garam, telur, mentega dan susu cair. Hanya saja, untuk pembuatan pancake adonannya mengandung persentase gula yang lebih rendah. Pancake ada yang rasanya manis gurih ada yang cenderung ke gurih.

Jika waffle dibuat dengan cetakan khusus, pancake dibuat dengan menuang adonan ke teflon seperti saat kita membuat dadar gulung. Hanya saja, untuk adonan pancake yang dituang lebih banyak sehingga menghasilkan pancake yang lebih teba. Pancake memiliki tekstur yang basah, lembut dan empuk seperti adonan terang bulan. Karena teskturnya yang basah, pancake cepat layu saat disiram dengan saus cokelat, madu dan saus lainnya.

Pancake mengandung kalori yang lebih rendah dan tidak mengandung banyak lemak. Pancake juga tidak mengandung kolesterol tinggi jika dibandingkan dengan waffle. Itulah perbedaan waffle dan pancake Sahabat Fimela. Semoga informasi ini bermanfaat.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓