Mengapa Terasi Tidak Bisa Dimakan Mentah?

Febi Anindya Kirana29 Des 2019, 14:00 WIB
terasi mentah

Fimela.com, Jakarta Terasi mungkin menjadi salah satu bumbu dapur yang paling umum digunakan dalam banyak masakan Indonesia. Tapi pernahkah merasa penasaran mengapa terasi selalu dimasak lebih dulu sebelum bisa dikonsumsi?

Pada banyak masakan, terasi jarang dikonsumsi mentah atau sebaiknya memang tidak dikonsumsi mentah karena berbahaya. Terasi mentah dikhawatirkan memiliki kandungan bahan kimia maupun bakteri yang menyebabkan penyakit. Seperti halnya telur mentah ataupun makanan mentah lain, terasi pun sebaiknya dimasak dulu.

Terasi harus Dimasak

terasi
ilustrasi terasi/ photo By Harismoyo from Shutterstock

Karena diolah dari rebon yang merupakan bahan mentah dan dibuat dengan tangan, akan lebih baik baik jika terasi dimasak lebih dulu. Terasi sebaiknya digoreng, dikukus, atau dibakar lebih dulu sebelum dimasukkan ke dalam masakan. Memasaknya merupakan cara terbaik membunuh bakteri penyebab penyakit maupun menghilangkan kemungkinan bahaya dari bahan kimia.

Jadi, itulah alasan mengapa sebagai terasi sebaiknya tidak dimakan dalam keadaan mentah. Untuk menjaga keamanan dan kesehatan tubuh, bumbu masakan seperti terasi lebih tetap harus dimasak ya Sahabat Fimela.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓