5 Makanan Bantu Membakar Kalori untuk ResolusiTubuh Ideal 2020

Fimela Editor31 Des 2019, 14:30 WIB
Salmon

Fimela.com, Jakarta Baik vegetarian atau pescatarian, ada makanan tertentu yang bekerja lebih keras untuk membakar lemakmu. Hal tersebut bertentangan dengan para ahli bertentangan tentang satu jenis makanan yang dapat membakar lemak sendiri.

Mereka lebih setuju jika kamu dapat melihat hasil pembakaran lemak dengan memasukkan lebih banyak makanan yang meningkatkan metabolisme, meningkatkan pencernaan, dan membantu kamu merasa kenyang. Melansir dari elle.com, berikut ini beberapa makanan yang dapat membantu membakar kalorimu sehingga dapat melancarkan diet yang sedang dijalani.

Salmon

Meski terdengar kontradiktif, ikan yang tinggi lemak sehat dapat membantu melepaskan lemak yang tidak diinginkan. "Salmon adalah pilihan protein yang sangat baik karena mengandung asam lemak Omega-3 yang memerangi peradangan," kata Kate Martino, seorang asisten dokter yang fokus dalam nutrisi dan pengobatan holistik.

"Lemak juga membantu membuat kamu kenyang lebih lama, sambil makan cukup protein setiap hari dapat membantu mendukung massa otot yang meningkatkan metabolisme dan membakar lebih banyak lemak saat istirahat," tambahnya.

 

 

 

Alpukat

Alpukat
Ilustrasi alpukat (iStockphoto)

Demikian juga dengan lemak baik dalam alpukat yang dapat membantu kamu membakar lemak tidak sehat. "Alpukat penuh lemak dan serat yang menyehatkan jantung, sehingga akan membuat kamu kenyang serta kalium yang dapat mencegah retensi air dan kembung," kata ahli diet, Amy Shapiro .

Dokter medis dan naturopat Carolyn Dean menambahkan magnesium dalam alpukat sangat penting untuk penurunan berat badan yang sehat karena mengaktifkan ratusan enzim yang mengontrol pencernaan, penyerapan, dan pemanfaatan protein, lemak, dan karbohidrat.

“Magnesium juga penting bagi insulin untuk membuka membran sel untuk glukosa sehingga menjaga keseimbangan gula darah yang penting untuk penurunan berat badan. Ketika gula darah tidak seimbang, kelebihan glukosa disimpan sebagai lemak," jelasnya.

Kamu bisa mengganti mentega dalam roti bakar dengan alpukat sehingga dapat membakar kalori yang ada di tubuhmu.

 

 

Telur

Putih Telur
Ilustrasi putih telur/copyright shutterstock

"Telur mengandung campuran protein dan lemak yang sempurna untuk memberikan rasa kenyang yang tahan lama sekaligus menurunkan keinginan ngemil dan menurunkan kadar gula darah," kata ahli gizi Jessica Cox.

Ahli gizi kuliner Trudy Stone menambahkan, telur adalah salah satu sumber protein pembakar lemak terbaik yang akan membuat metabolisme kamu meningkat.

Diet tinggi protein telah terbukti meningkatkan metabolisme, karena efek termal makanan dengan jumlah kalori yang dibakar tubuhmu untuk memetabolisme makanan.

Kamu bisa mengonsumsi kuning telur yang kaya akan kolin, nutrisi yang bermanfaat untuk membantu mengemulsi dan mencerna lemak.

 

 

Buah sitrus

kulit jeruk
ilustrasi jeruk/Photo by Adam Śmigielski on Unsplash

Jeruk dikenal karena vitamin C yang meningkatkan kekebalan tubuh tetapi apakah kamu sudah mempertimbangkan manfaat metabolisme camilan rendah kalori?

"Buah jeruk membuat tubuh menjadi alkali, yang merupakan kunci untuk meningkatkan lemak dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan," kata Rosen.

“Tinggi serat larut dalam jeruk membantu menjaga bakteri usus tetap sehat, mengurangi nafsu makan, dan membantu menghilangkan lemak,” tambahnya.

 

 

Buah Beri

Buah Beri
Buah Beri (Photo by Alexander Mils on Unsplash)

Menurut seorang ahli diet Stasi Kasianchuk, kandungan serat yang tinggi dalam buah beri dapat memberikan rasa kenyang dengan lebih sedikit kalori yang pada dasarnya dapat mendukung penurunan lemak dan berat badan. Serat juga penting untuk manajemen gula darah, kesehatan jantung, dan fungsi usus yang optimal.

Makanan-makanan ini juga kaya akan nutrisi anti-inflamasi, yang dapat menjaga kulit tetap sehat dan pemulihan dari olahraga. Buah beri kaya polifenol, yang dapat membantu kamu membakar lemak, bahkan menghentikan pembentukannya.

Kamu bisa menambahkan segenggam buah beri ke dalam oatmeal atau smoothies.

Nah, itu dia 5 makanan yang dapat membantu membakar kalori dan lemak yang ada di tubuhmu.

Rafinda Eki Puspitasari

Simak Video Menarik Berikut

#GrowFearless with FIMELA 

Lanjutkan Membaca ↓