3 Langkah Membuat Cumi Kukus yang Enak

Endah Wijayanti02 Jan 2020, 14:15 WIB
cumi segar

Fimela.com, Jakarta Cumi bisa diolah jadi berbagai hidangan yang lezat. Bisa digoreng, dibakar, bahkan dikukus juga bisa. Bagi yang ingin mencoba membuat cumi kukus, coba ikuti cara yang berikut ini.

Bila hanya dikukus saja, rasanya akan hambar. Untuk membuat cumi kukus yang enak, maka kita perlu menggunakan beberapa bumbu. Selengkapnya, langsung saja simak tiga langkah mudah membuat cumi kukus yang enak berikut ini.

1. Cumi Dimarinasi

Cumi yang sudah dibersihkan dimarinasi dengan garam, lada, air perasan jeruk nipis, dan air perasan jeruk limau. Untuk 250 gram cumi, kita bisa menggunakan 4 buah jeruk limau, 2 buah jeruk nipis, dan 1/2 sdt lada. Diamkan selama kurang lebih 15 menit.

2. Kukus Sekitar 7 Menit

Siapkan kukusan. Setelah airnya mendidih, kukus cumi selama sekitar 7 menit. Bila potongan cuminya kecil, mungkin hanya butuh dikukus selama 5 menit saja. Tak perlu terlalu lama, ya.

3. Siram dengan Bumbu Iris

Agar rasanya makin enak dan segar, siapkan bumbu iris untuk disiramkan ke cumi kukus. Siapkan irisan bawang merah dan irisan cabai rawit. Tambahkan garam, gula, air, kecap ikan, dan air perasan jeruk nipis, lalu aduk rata. Siramkan bumbu iris di atas cumi kukus.

Cukup mudah bukan membuatnya? Sekarang saatnya untuk mencoba sendiri di rumah dan nikmati cumi kukus bumbu siram yang enak bersama keluarga.

#GrowFearless with FIMELA