Sambut 2020, Simak Apa Saja Destinasi dan Transportasi yang Menjadi Tren di Tahun 2019

Karla Farhana02 Jan 2020, 16:00 WIB
[Fimela] Ilustrasi Traveling

Fimela.com, Jakarta Dalam satu dekade terakhir, media sosial nampaknya dipenuhi dengan unggahan mengenai travelMulai dari keindahan Bali, Jepang, Meksiko, Cuba, dan negara-negara lainnya yang tidak kalah menarik. Namun, tahun 2019 kemarin merupakan momen yang berkesan bagi masyarakat dunia pecinta traveling. 

Di tahun tersebut, tren eco travel mulai mencuri perhatian jutaan traveler dari seluruh dunia. Mereka, tulis Standard.co.uk, berusaha untuk mengurangi jejak karbon secara individual dengan memilih transporasi darat sepeerti kereta, bus, atau menggunakan pesawat untuk terbang ke destinasi terpencil. 

Nampaknya, menurut sumber yang sama, tren ini juga akan menjadi lebih populer lagi di tahun 2020. Berkaitan dengan transportasi pilihan para pelancing, Traveloka telah membuat sebuah riset mengenai perilaku wisatawan dalam merencanakan perjalanan. Dalam riset tersebut, pihak Traveloka mengatakan para wisatawan cenderung menentukan moda transpportasi di tahap pertama saat melakukan perencanaan perjalanan. 

Melihat eco travel yang juga masih menjadi tren di tahun 2020, Standard.co.uk menulis, tren di tahun ini dengan tahun 2019 tidka begitu bannyak berbeda. Traveloka mengajakmu untuk melihat bagaimana tren travel dan pariwisata di tahun 2019, di Indonesia. 

Tren Destinasi Sepanjang 2019

Travel/Unsplash Guiherme
Travel/Unsplash Guiherme

CMO Traveloka, Dionisius Nathaniel mengatakan, pihakya melakukan sebuah analisa mendalam terkait perilaku pengguna (Traveloka) dan target audience sebelum meluncurkan produk. Hasil analisa ini kemudian digunakan untuk memastikan produk yang tersedia di platform Traveloka memiliki kegunaan yang tepat dan dapat menjawab kebutuhan pengguna. 

“Seluruh produk dan layanan terbaru yang kami tawarkan kepada para pengguna berangkat dari komitmen Traveloka untuk menghadirkan solusi atas kendala yang dialami oleh pengguna terkait perjalanan dan gaya hidup. Kami juga melakukan analisa mendalam terkait perilaku pengguna dan target audience kami sebelum meluncurkan suatu produk, untuk memastikan bahwa produk yang tersedia di platform kami tepat guna," jelasnya. 

Berdasarkan pemesanan produk TiketPesawat, Traveloka membuat sebuah daftar 10 destinasi domestik paling populer di tahun 2019. Antara lain Jakarta, Surabaya, Makassar, Denpasar, Yogyakarta, Medan, Balikpapan, Palembang, Semarang, dan Batam. Sementara, destinasi internasional paling populer antara lain Singapura, Malaysia, Thailand, Jepang, Australia, Cina, Hong Kong,Vietnam, Korea Selatan, dan Filipina.

Bukan cuma pemesanan tiket pesawat, ternyata banyak juga pengguna Traveloka yang mengunjungi Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Semarang, Cirebon, Malang, Purwokerto, Solo, dan Bekasi menggunakan kereta. 

 

Simak video berikut ini

Lanjutkan Membaca ↓