Sukses

Lifestyle

Bahaya Listrik Saat Banjir, Begini Cara Mengantisipasinya

ringkasan

  • Listrik yang terendam air sangat bahaya menyebabkan seserorang tersengat hingga kematian
  • Sahabat Fimela juga perlu menggunakan alat pengaman diri seperti sepatu boots yang kedap air apabila melewati genangan air

Fimela.com, Jakarta Beberapa wilayah di Indonesia mengalami banjir akibat hujan, sejak Selasa (31/12/2019). Saat banjir sahabat Fimela harus berhati-hati dengan listrik. 

Hal ini dikarenakan peralatan listrik yang terendam air sangat bahaya menyebabkan seserorang tersengat hingga kematian. Bahkan setelah air surut, listrik pun dapat menbahayakan. 

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya, Ikhsan Asaad dilansir Liputan6.com, hal pertama yang harus dilakukan masyarakat saat banjir untuk menghindari bahaya tersengat aliran listrik yaitu mematikan listrik dari Meter Circuit Breaker (MCB) di kWh meter.

Selanjutnya cabut seluruh peralatan listrik yang masih menancap dan naikkan alat elektronik ke tempat yang lebih aman. Jangan pernah melangkah masuk ke ruangan yang terendam air dimana didalamnya terdapat stop-kontak, alat-alat listrik, ataupun kabel yang terendam air.

Hindari menyalakan peralatan listrik atau elektrinik atau menyentuh kabel listrik hingga sakelar jika tangan basah. Setelah banjir surut, pastikan semua alat elektronik dan instalasi listrik dalam keadaan kering.

 

Saat di luar ruangan 

“Kami juga menghimbau apabila datang hujan, jangan berteduh di dekat instalasi kelistrikan seperti tiang listrik, gardu listrik, maupun tiang lampu penerangan jalan untuk menghindari bahaya tersengat arus listrik," ungkap Ikhas dilansir dari Liputan6.com.

Sahabat Fimela juga perlu menggunakan alat pengaman diri seperti sepatu boots yang kedap air apabila melewati genangan air untuk menghindari resiko terkena pecahan kaca, paku, bakteri, maupin arus listrik bocor.

Usahakan jangan sampai basah apalagi menerjang banjir, karena permukaan air dapat menjadi konduktor listrik. Menjauhlah dari tiang ataupun kabel yang roboh dan jatuh ke tanah. Jika sudah terjebak diantara reruntuhan jaringan transmisi listrik ini, menjauhlah dengan kedua kaki tetap menginjak tanah untuk menghindari sengatan listrik.

Apabila terjadi banjir dan listrik belum dipadamkam oleh PLN, laporkan segera melalui Contact Center PLN 123 atau hubungi kantor PLN terdekat.

#Growfearless with Fimela

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading