6 Jenis Makanan yang Dorong Daya Tahan Tubuh Sepanjang 2020

Vinsensia Dianawanti04 Jan 2020, 15:00 WIB
Diperbarui 04 Jan 2020, 15:00 WIB
makanan sehat

Fimela.com, Jakarta Masih di awal 2020 sebaiknya kamu mulai mencari cara untuk memperbaiki diri. Terutama soal konsumsi jenis makanan yang berpengaruh pada daya tahan tubuh.

Jika ingin meningkatkan kesehatan di 2020, British Nutrition Foundation (BNF) menyarakan untuk mencari makanan kaya nutrisi yang bisa ditambahkan ke makananmu. Melansir dari Independent pada Sabtu (4/1/2020) terdapat beberapa jenis makanan yang bisa kamu konsumsi untuk menyeimbangkan porsi makanmu dan meningkatkan daya tahan tubuh.

1. Salmon

Salmon memiliki berbagai vitamin dan mineral, seperti omega 3, protein, vitamin D, selenium, dan yodium. BNF merekomendasikan untuk mengonsumsi dua porsi ikan perminggu. Salah satu jenisnya adalah salmon.

2. Oat

BNF menuturkan bahwa gandum adalah sumber serat yang hebat. Ia menyediakan jenis spesifik dari beta glukan yang dapat menurunkan kadar kolesterol.

 

3. Kacang

Kacang
Ilustrasi/copyright shutterstock.com/thananya

Kacang disebut sebagai makanan kaya serat, protein, dan lemak tak jenuh. BNF mencatat bahwa kacang juga menyediakan nutrisi penting seperti tiamin dan zat besi. Fungsinya untuk membantu energi dan mendukung sistem kekebalan tubuh.

4. Tomat

Meski sering diremehkan, ternyata tomat kaya akan vitamin C dan phytochemical alami yang memberikan pigmen alami pada warna merah tomat. Tomat bisa dikonsumsi secara langsung, dijadikan salad, bahkan menjadi pasta.

5. Sayuran hijau

Kamu pasti sudah tahu bahwa sayuran hijau merupakan salah satu makanan sehat dengan beragam vitamin yang dikandungnya. Sayuran seperti bayam, brokoli, dan kubis akan memberikan vitamin C dan A, folat dan kalium. Fungsinya untuk meningkatkan kekebalan, energi, dan kesehatan kulit.

6. Plain Yogurt

Meski terdengar tidak menyenangkan, plain yogurt menjadi alternatifmu untuk menjadi dasar camilan dan makanan penutup ketika kamu sedang menghindari gula. Yogurt juga menyediakan protein, kalsium, riboflavin, dan yodium yang berperan penting menjaga kesehatan tiroid.

Simak video berikut ini

#GrowFearless with Fimela

Lanjutkan Membaca ↓