5 Hal yang Harus Dilakukan Sebelum Menurunkan Berat Badan

Vinsensia Dianawanti06 Jan 2020, 10:00 WIB
berat badan

Fimela.com, Jakarta Sekitar 20 persen populasi global terus menerus berusaha untuk menurunkan berat badan. Tujuannya untuk menyeimbangkan berat badan dan menunjang kesehatan yang lebih baik.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan. Mulai dari rencana diet, olahraga, hingga mengonsumsi suplemen. Namun sebelum semua itu dilakukan, melansir dari Boldsky pada Minggu (5/1/2020) ada beberapa hal yang perlu dilakukan. Apa saja?

1. Diet kaya nutrisi

Ada ratusan rencana diet yang bisa kamu pilih. Namun kamu perlu cermati jenis diet apa yang tepat untuk tubuhmu. Jangan sampai pada akhirnya kamu justru kekurangan nutrisi. Ikutilah diet kaya nutrisi rendah kalori untuk mempertahankan berat badan serta memberi tubuh nutrisi lainnya.

2. Tetapkan tujuan yang realistis

Salah satu masalah utama yang dihadapi orang adalah kenyataan bahwa menurunkan berat badan membutuhkan waktu. Kamu perlu menetapkan tujuan yang realistis untuk menurunkan berat badan secara efektif. Untuk itu, kembangkan rencana diet dan olahraga yang tidak akan membuat kamu lelah dan tetap termotivasi untuk sehat.

 

3. Memperhatikan metabolisme

timbangan berat badan
ilustrasi timbangan berat badan/copyright By VGstockstudio from Shutterstock

Metabolisme menjadi kunci penting untuk menurunkan berat badan. Metabolisme yang sehat dan berfungsi baik akan mendorong penurunan berat badan yang baik. Sementara metabolisme yang buruk akan menghambat penurunan berat badan. Karena metabolisme yang tinggi akan membuat tubuh semakin mudah membakar kalori pada tubuh.

4. Dapatkan tidur yang berkualitas

Tidur yang cukup sama pentingnya dengan memiliki makanan bergizi. Kebiasaan gaya hidup yang buruk, waktu makan yang tidak tepat waktu, dan kurang olahraga bisa menyebabkan penyakit. Setidaknya seseorang membutuhkan enam jam tidur setiap hari agar pikiran berfungsi dengan baik dan tubuh tetap sehat.

5. Penuhi hidrasi tubuh

Kita semua sadar bahwa air minum begitu penting bagi tubuh. Setiap manusia perlu air minum setidaknya tujuh sampai delapan gelas sehari. Minum dengan jumlah air yang tepat akan membantu memecah timbunan lemak dari tubuh dan membantu penurunan berat badan.

Simak video berikut ini

#GrowFearless with Fimela

Lanjutkan Membaca ↓