Jangan Dibeli, Ini 4 Ciri-Ciri Cumi Sudah Tidak Segar!

Febi Anindya Kirana04 Jan 2020, 10:15 WIB
Diperbarui 04 Jan 2020, 10:15 WIB
cumi-cumi

Fimela.com, Jakarta Ketika belanja bahan makanan di pasar, kita memang dituntut untuk jeli dengan kesegaran bahan makanan, terutama bahan makanan berupa binatang seperti ayam, daging sapi, ikan dan makanan laut lainnya, tidak terkecuali cumi-cumi.

Kita pasti ingin beli cumi-cumi yang segar, tapi bagaimana caranya memilih dan membedakan dengan yang sudah tak segar? Perhatikan sekian hal ini.

1. Tubuh berlendir

Pilih cumi yang punya tekstur padat namun kenyal dan kesat. Jangan membeli yang berair, apalagi berlendir. Ini tanda cumi sudah tidak segar.

2. Warna kusam

Cumi
Membersihkan cumi/copyright: shutterstock

Cumi yang segar biasanya tampak putih segar. Hindari cumi yang tampak kuyu dan tidak menarik warnanya, kusam dan keabu-abuan. Jangan salah membedakan dengan cumi yang berkulit luar kehitaman ya. Cumi dengan kulit alami gelap akan tetap tampak putih segar jika kulit arinya dikupas.

3. Kulit ari yang rusak

Jangan pilih cumi yang kulit arinya sudah terkelupas atau rusak, karena ini tanda cumi sudah tak segar. Pilih cumi yang kulit terluarnya tidak robek dan hancur, masih utuh dan tidak mudah rusak ketika dicubit.

4. Bau menyengat

Hindari juga cumi yang baunya menyengat, terlalu amis atau bahkan bau busuk. Pilih cumi yang punya bau laut yang segar. Tidak ada salahnya memegang dan mencoba membaunya untuk lebih meyakinkan diri.

Itu dia sekian cara sederhana mengetahui ciri-ciri cumi yang sudah tak segar. Hindari membeli cumi dengan sekian tanda di atas ya Sahabat Fimela.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓