5 Pemicu Stres Terbesar dalam Mempersiapkan Pernikahan

Endah Wijayanti06 Jan 2020, 08:15 WIB
soal pasangan

Fimela.com, Jakarta Menggelar acara pernikahan memang tak selalu mudah. Dalam persiapannya, kita bisa sangat sibuk bahkan stres. Stres dalam mempersiapkan pernikahan bahkan menjadi situasi yang tak mudah untuk dihindari.

Penyebab stres dalam persiapan pernikahan bisa dikarenakan beberapa hal. Namun, pemicu besarnya bisa dideteksi dari awal. Kenali pemicunya sebaik mungkin supaya kita bisa lebih siap dan mudah dalam mengondisikan diri.

1. Menyatukan Pendapat

Kita dan pasangan kita mungkin sudah punya keinginan sendiri terkait pernikahan. Tak hanya itu saja, dari masing-masing pihak keluarga pun saling mengutarakan keinginan dan pendapat pribadi. Belum lagi bila melibatkan budaya dari keluarga masing-masing. Jika tak dibicarakan dan dikomunikasikan dengan baik, bisa berujung pada debat bahkan perselisihan. Kondisi ini bisa jadi pemicu stres terbesar dalam persiapan pernikahan.

2. Anggaran Pernikahan

Anggaran untuk pernikahan pasti memengaruhi proses perencanaan dan persiapan pernikahan. Baik akan melangsungkan resepsi sederhana atau mewah, urusan mengatur anggaran ini bisa bikin pusing sendiri. Mengatur pos-pos pengeluaran juga butuh rencana yang tepat. Menyiapkan anggarannya itu sendiri bisa sangat menguras energi.

 

3. Menghadapi Omongan Orang

Putus Cinta
Ilustrasi./(Foto: I-stock)

Yah, hal ini memang sulit untuk dihindari. Walau kadang kita berusaha untuk tutup telinga, tetap saja menghadapi omongan dan nyinyiran orang tidaklah mudah. Fokus dan konsentrasi kita bisa terganggu. Perasaan jengkel dan sebal dengan omongan dan cibiran orang luar tentang persiapan pernikahan membuat kita bisa merasa sangat stres dan tertekan sendiri.

4. Kecemasan Soal Fase Transisi

Bagaimana nanti kita mengatur prioritas setelah menikah? Apakah setelah menikah bisa memiliki hidup yang bahagia? Masalah-masalah baru apa saja yang harus dihadapi setelah sudah tidak lajang lagi? Kecemasan terkait fase transisi ini bisa memicu stres dalam persiapan pernikahan. Jika kita tak bisa mengatur suasana hati kita dengan baik, maka kita akan rentan mengalami stres dalam persiapan pernikahan.

5. Hal-Hal yang Mendadak Terjadi di Luar Rencana

Tiba-tiba gaun yang dipesan ternyata salah ukuran. Katering yang dipesan ternyata tak sesuai selera keluarga. Undangan yang tidak jadi tepat waktu. Hal-hal yang mendadak terjadi di luar rencana ini bisa memicu stres yang cukup besar. Walau hal-hal tersebut tampak sepele, tapi tetap saja bila terjadi berulang kali, akan membuat konsentrasi kita pecah.

Ya, stres dalam persiapan pernikahan mungkin sulit untuk dihindari sepenuhnya. Bagi yang saat ini sedang mempersiapkan pernikahan, semoga berbagai halangan dan rintangan yang menghadang bisa teratasi dengan baik. Semoga rencana yang kita buat bisa berjalan lancar atau bahkan lebih baik dari yang kita kira.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓