Cara yang Satu Ini Bisa Bantu Cegah Gejala Depresi

Endah Wijayanti06 Jan 2020, 13:15 WIB
cara alami bahagia

Fimela.com, Jakarta Bila kita mulai merasa mengalami gejala-gejala depresi, sangat disarankan untuk segera menghubungi psikologi atau psikiater untuk mendapat penanganan yang tepat. Siapa pun bisa mengalami depresi. Masing-masing dari kita bisa mengalami gejala-gejala depresi.

Ada banyak faktor yang menyebabkan seseorang mengalami depresi. Selain itu, ada banyak cara juga yang bisa dilakukan untuk mencegah gejala depresi. Salah satu upaya pencegahan yang bisa dilakukan adalah dengan mendapatkan paparan sinar matahari secara rutin. Mengutip buku Loving the Wounded Soul, scara biologis, matahari (sinar UVB) memicu tubuh untuk memproduksi vitamin D yang sangat esensial bagi kesehatan tulang dan kesehatan mental. Dalam Journal of Aging and Gerontology, pada penelitian berjudul The Role of Vitamin D in the Aging Adult, ditemukan bahwa penelitian terhadap 2.070 lansia menunjukkan bahwa mereka yang mengalami kekurangan vitamin D mengalami gejala-gejala depresi.

Gejala Depresi Makin Berat bila Kekurangan Vitamin Vitamin D

Dalam penelitian yang sama, ditemukan bahwa semakin sedikit vitamin D yang ada di dalam tubuh, semakin berat gejala depresi yang dialami. Sinar matahari punya peran yang sangat penting bagi tubuh kita. Tanpa matahari, vitamin D di dalam tubuh tidak akan aktif dan kondisi ini bisa membuat kita rentan mengalami banyak penyakit. Mendapat paparan sinar matahari selama beberapa menit setiap hari bisa berdampak positif pada kesehatan fisik dan jiwa kita.

 

Paparan Sinar Matahari Penting untuk Memperlancar Proses Sekresi Melatonin

Fakta, Kaus Kaki Bisa Buat Tidur Anda Lebih Nyenyak
Ilustrasi./(iStockphoto)

Saat sedang mengalami gejala depresi, biasanya kita akan susah tidur. Berbagai pikiran berkecamuk dalam benak dan membuat kita sulit beristirahat. Kondisi semacam ini jelas sangat tidak nyaman bagi kita. Untuk bisa lebih mudah tidur pada malam hari, kita bisa mengupayakan diri untuk mendapatkan sinar matahari di pagi hari.

Paparan sinar matahari bisa membantu proses sekresi melatonin di malam hari lebih optimum. Melatonin adalah hormon yang aktif saat kita tidur. Hormon ini berguna untuk merilekskan badan, menurunkan suhu tubuh, dan mengistirahatkan tubuh. Selain itu, melatonin yang optimal dapat mencegah rasa lelah setelah bangun tidur yang kerap dialami oleh orang-orang yang mengalami depresi.

Dari berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mencegah depresi, mendapatkan sinar matahari pagi bisa menjadi langkah pertama yang bisa kita coba. Apabila gejala depresi tak kunjung pulih atau membaik, segeralah berkonsultasi ke psikolog atau psikiater, ya.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓