3 Langkah Membuat Kering Tempe Kacang yang Tahan Lama

Endah Wijayanti07 Jan 2020, 08:45 WIB
kering tempe

ringkasan

  • Tempe dan Kacang Digoreng Garing
  • Bawang dan Cabai Digoreng Sebentar
  • Bumbu Dimasak Hingga Matang dan Kental
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Kering tempe kacang bisa digunakan sebaik lauk harian. Cocok juga dijadikan lauk untuk bekal. Hal ini karena kering tempe kacang terkenal bisa awet dan tahan lebih lama, sehingga sangat cocok untuk dijadikan stok lauk di rumah.

Untuk membuat kering tempe kacang yang tahan lama pun tidak terlalu sulit. Berikut langkah dan cara yang bisa diikuti.

1. Tempe dan Kacang Digoreng Garing

Tempe dipotong kecil-kecil, lalu digoreng sampai garing. Begitu pula dengan kacang tanah yang dipakai. Goreng kacang tanah sampai matang, tapi hati-hati jangan sampai gosong. Siapkan pula bumbu yang akan digunakan, seperti bawang merah, bawang putih, cabai rawit, cabai keriting, daun jeruk, daun salam, garam, dan gula merah.

 

2. Bawang dan Cabai Digoreng Sebentar

Bawang Putih
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Bahan bumbu seperti cabai dan bawang yang sudah diiris perlu digoreng terlebih dahulu. Tak perlu terlalu lama. Cukup sampai agak layu saja. Baru setelah itu, bawang dan cabai bisa diulek dengan bahan lainnya.

3. Bumbu Dimasak Hingga Matang dan Kental

Bawang putih, bawang merah, cabai rawit, dan cabai keriting diiris halus. Tumis bawang dan cabai. Masukkan daun jeruk dan daun salam. Tambahkan gula merah yang disisir. Tambahkan sedikit air untuk melarutkan semua bahan bumbu. Kemudian, masak sambil diaduk-aduk hingga bumbu mengental dan matang. Baru setelah itu, tempe dan kacang dimasukkan untuk dicampur dengan bumbu.

Tidak terlalu sulit kan caranya? Semoga info ini bermanfaat dan membuatmu lebih bersemangat memasak, ya.

 

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓