Sukses

Lifestyle

Bekerja di Rumah tak Semudah Kata Orang

Fimela.com, Jakarta Zaman sekarang, bekerja tak harus pergi ke kantor. Peluang menjadi pekerja lepas atau freelancer terbuka luas. Sehingga memungkinkan kita untuk bisa bekerja dari rumah. Bekerja dari rumah sepintas terlihat menyenangkan dan "santai", tapi benarkah demikian?

Bekerja di mana pun selalu ada tantangannya sendiri. Baik bekerja di kantor maupun di rumah, masing-masing punya rintangannya sendiri. Bekerja di rumah pun tak semudah yang dikatakan orang, tapi bukan berarti kita tak bisa bekerja dengan nyaman. Ada beberapa tips yang bisa dicoba untuk membuat kita bisa tetap nyaman dan produktif bekerja di rumah.

1. Buat Ruang Kerja Khusus

Memang idealnya kita butuh ruang sendiri untuk bekerja di rumah. Namun, bila belum memungkinkan punya ruangan sendiri, setidaknya kita perlu menyiapkan area khusus untuk bekerja. Dengan kursi dan meja yang nyaman untuk kita bekerja. Dengan begini, kita bisa lebih mudah mengatur fokus dan konsentrasi kita setiap kali bekerja.

2. Buat Jadwal Kerja

Ya, banyak yang bilang bekerja di rumah itu enak karena tak terikat jam kerja. Meski begitu, di sisi lain ini artinya kita mungkin harus merelakan jam istirahat untuk bekerja. Untuk itu, penting bagi kita untuk tetap membuat jadwal kerja yang realistis. Fleksibilitas jam kerja perlu kita optimalkan agar tak mengganggu waktu bersama keluarga maupun waktu untuk istirahat. Siapkan jurnal atau papan khusus yang memuat jadwal kerja kita supaya kita bisa lebih mudah menjalani rutinitas harian.

 

3. Beri Pengertian pada Keluarga

Seringkali seorang freelancer atau yang "ngantornya" di rumah dianggap pengangguran. Hanya karena tak memakai baju kantor dan keluar rumah, seringkali kita dianggap tak punya pekerjaan. Padahal orang lain tak tahu betapa kerasnya kita berusaha untuk memenuhi setiap tenggat pekerjaan yang ada hingga harus lembur atau begadang sampai pagi. Untuk itu, penting sekali untuk memberi pengertian atau pemahaman setidaknya kepada keluarga supaya bisa saliang memberi ruang. Setidaknya kita bisa meminta keluarga untuk tidak terlalu berisik pada jam-jam kita sedang bekerja.

4. Lengkapi Diri dengan Perangkat atau Gawai yang Diperlukan

Ini sebagai bentuk investasi kita. Kerja di rumah membuat kita sangat mengandalkan koneksi internet dan perangkat atau gawai yang memudahkan alur kerja kita. Untuk itu, penting untuk mensenjatai diri dengan perangkat yang kita butuhkan. Memang akan butuh modal untuk hal ini, tapi hal ini pentin demi kelancaran kita bekerja dengan lebih produktif.

Bekerja di rumah tak semudah kata orang tapi kita masih bisa menikmatinya dengan membuat strategi yang tepat dalam bekerja. Sekali lagi, bekerja di mana pun, kita akan dihadapkan pada tantangan dan hambatan yang berbeda-beda. Tinggal bagaimana cara kita menyiasatinya dan memilih cara yang tepat untuk bisa bekerja dengan produktif.

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading