Sukses

Lifestyle

4 Tips agar Tubuh Tidak Lemas setelah Begadang

Fimela.com, Jakarta Karena tuntutan pekerjaan atau keadaan, kadang kita terpaksa begadang. Terlalu sering begadang memang tidak baik untuk kesehatan, apalagi bila sampai menyita waktu tidur kita. Namun, bila kita telanjur begadang, penting untuk mengembalikan energi tubuh dan memulihkan stamina untuk bisa beraktivitas dengan baik.

Ada sejumlah tips sederhana yang bisa dicoba agar tubuh tidak lemas setelah begadang. Asalkan tidak terlalu sering begadang, kita bisa membuat tubuh kembali berenergi dengan cara-cara berikut ini.

1. Dapatkan Paparan Sinar Matahari Pagi

Setelah begadang, biasanya kita akan dilanda rasa mengantuk yang luar biasa. Sulit untuk membuka mata dan terjaga. Untuk mengatasinya, cobalah untuk mendapatkan paparan sinar matahari pagi selama beberapa menit. Dilansir dari classycareergirl.com, paparan sinar matahari ini dapat menghilangkan rasa kantuk dan mmebuat kita terjaga. Sinar matahari menjadi sinyal yang bisa memicu serta menggerakkan tubuh untuk siap memulai hari.

2. Minum Dua Gelas Air Putih setelah Bangun Tidur

Kurang tidur membuat kita sulit untuk langsung bangun pada pagi hari. Begitu mendengar alarm berbunyi, segera buka mata dan minum dua gelas air putih. Kekurangan cairan bisa membuat kita sulit berkonsentrasi. Untuk itu, penting untuk mengawali hari dengan mencukupi kebutuhan cairan tubuh supaya bisa membantu kita langsung terjaga.

 

3. Lakukan Olahraga Ringan

Jalan-jalan santai sejenak atau sekadar melakukan peregangan otot akan mengaktifkan pikiran dan menyegarkan pikiran. Tak harus langsung melakukan olahraga intens yang sangat menguras energi. Cukup lakukan olahraga yang sekiranya mudah kita lakukan dan membuat tubuh kembali aktif.

4. Lakukan Power Nap

Apa itu power nap? Power nap bisa diartiken sebagai tidur dalam waktu singkat sebelum masuk ke dalam fase tidur terlelap, umumnya cukup 20 menit saja. Ambil jeda pada siang hari untuk melakukan power nap. Setidaknya dengan cara ini, energi tubuh bisa kembali terisi dan membuat kita mampu melewati hari dengan tetap semangat.

Semoga tips-tips di atas bermanfaat dan memudahkanmu untuk menjalani hari dengan lebih berenergi, ya. Sebisa mungkin jangan terlalu sering begadang dan upayakan untuk tetap dapat jam tidur yang cukup setiap malamnya.

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading